Intip Manisan Khas Cianjur, Cocok Untuk Buah Tangan Saat Liburan!

Intip Manisan Khas Cianjur, Cocok Untuk Buah Tangan Saat Liburan!
Intip Manisan Khas Cianjur, Cocok Untuk Buah Tangan Saat Liburan!
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Disaat liburan biasanya banyak oleh-oleh khas yang dijajakan dipinggir jalan. Seperti saat melintasi kota Cianjur banyak toko manisan yang beragam, mulai dari yang manisan basah atau pun kering.

Mungkin setiap hari libur tiba ada yang pulang dari arah jakarta menuju bandung dan melintasi kota cianjur, nah sambil melintas coba kalian cicipi manisan khas Cianjur yang bisa kalian bawa sebagai buah tangan ke kampung halaman.

Kota Cianjur biasa disebut kota tauco juga karena ciri khas cianjur itu biasanya identik dengan tauco, akan tetapi tak kalah lagi kalian harus coba manisan yang khas cianjur ini yang dijamin gak bakalan kecewa.

BACA JUGA :

Asal-Usul Makanan Tauco, Khas Cianjur

Baca Juga:Kelebihan Honda BeAt 150 cc 2023, di Desain lebih Sangar!Fitur Kece Honda BeAt 150 cc, Tampil Mewah Harga Merakyat!

Nah agar kalian tau tentang manisan apa sih yang ada di Kota Cianjur ini? Nah berikut ini saya akan berikan sedikit rangkuman mengenai manisan khas cianjur.

Beragam Varian Manisan Cianjur

Varian jenis manisan Cianjur ada tiga macam, yaitu manisan basah, manisan kering, dan acar.

Satu jenis buah dapat dibuat menjadi manisan basah, atau manisan kering, atau acar.

Manisan Basah

Manisan basah adalah manisan yang diperoleh setelah penirisan buah dari larutan gula. Juga mempunyai kandungan air yang lebih banyak dan penampakan yang lebih menarik karena serupa dengan buah aslinya.

BACA JUGA :

Tauco Makanan Khas Cianjur yang Melegenda

Biasanya dibuat dari buah yang keras. Contoh buah untuk manisan basah adalah: Kolang kaling, Mangga, Kedondong, Salak, Pepaya, Ceremai, Belimbing, Nangka.

Manisan Kering

Manisan kering adalah manisan yang diperoleh setelah buah ditiriskan kemudian dijemur sampai kering. Juga memiliki daya simpan yang lebih lama, kadar air yang lebih rendah, dan kadar gula yang lebih tinggi.

Dan biasanya dibuat dari buah yang teksturnya lunak. Contohnya buah untuk manisan kering adalah: Kedondong, Asam jawa, Bengkuang, Pala

BACA JUGA :

Jadi Ikon Sejak Ratusan Tahun, Begini Nasib Tauco Cianjur

Baca Juga:Uang Koin 100 Rupiah Bisa di Tukar dengan 2 Motor PCX 2023, Ini Alasannya!Tidak Hanya Willy Salim, Sekeping Koin Rp50 juga Bisa Borong Indomaret!

Acar

Acar adalah manisan yang cita rasa cukanya sangat terasa. Contoh acar dari buah adalah: Mentimun, Wortel, Kedondong.

0 Komentar