Viral Video Siswa SD Melewati Jembatan Reyot

Viral Video Siswa SD Melewati Jembatan Reyot
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Video dua siswa Sekolah Dasar (SD) melintasi jembatan reyot viral di media sosial. Berdasarkan penelusuran, kisah miris itu terekam di Desa Karangtengah, Kecamatan Tanggeung, Kabupaten Cianjur.

Dalam video itu terlihat seseorang tengah merekam dua anak perempuan dan laki-laki berseragam SD melintas di atas jembatan kayu yang kondisinya sudah miring, bahkan berlubang di beberapa sisi yang cukup membahayakan bagi siapa saja yang melintas.

Kepala Desa Karangtengah, Kecamatan Tanggeung Ahmad menuturkan jika jembatan tersebut kini menjadi perlintasan utama antara desanya dengan Desa Rawagede. Dia juga membenrkan jika kondisi jembatan tersebut sudah sangat tidak layak dan membahayakan.

Baca Juga:Pohon Tumbang Putus Jalur Penghubung Sukabumi-CianjurGanjar Didapuk Jadi Ketum IKA FKIP Unsur Periode 2024-2029

“Betul, jembatan yang ada dalam video memang adalah jembatan penghubung desa ini dengan Desa Rawagede. Kondisinya memang sudah seperti itu,” ujar Ahmad pada Senin (29/1/2024).

Kata dia, sebelum mempergunakan jembatan tersebut, warga biasanya menggunakan jembatan utama yakni Jembatan Cigugur. Namun, sejak diterjang banjir bandang hingga rusak pada 2019 lalu, warga pun terpaksa membangun dan menggunakan jembatan kayu tersebut.

“Tahun 2019 lalu jembatan utamanya rusak karena banjir bandang. Hal itu membuat warga harus membangun jembatan darurat dari kayu,” kata dia.

Sejak jembatan kayu tersebut dibangun, tiap tahunnya warga juga pemerintah desa selalu patungan untuk perawatan jembatan setinggi 9 meter tersebut.

Selain itu, pemerintah desa selalu mengusulkan pembangunan jembatan yang layak untuk menggantikan jembatan kayu yang melintang 24 meter tersebut. Pasalnya, saat ini jembatan reyot itu lah yang menjadi akses utama bagi warga sekitar.

“Sudah diajukan tiap tahun, tapi tak kunjung dibangun. Padahal jembatan ini menjadi akses vital bukan cuma untuk pendidikan, tapi juga untuk perekonomian warga,” ungkapnya.

Dirinya khawatir, jika harus terus-meneruns menggunakan jembatan tersebut bisa menimbulkan korban. Kata dia, sudah dua orang pengendara yang terjatuh di jembatan karena licin. Beruntung pengendara tersebut tak jatuh ke sungai.

Baca Juga:Jenazah Wanita Paruh Baya Ditemukan Mengambang di EmpangDua Pemuda Ditangkap Warga Karena Kedapatan Ambil Paket Narkoba

“Beberapa waktu lalu ada yang jatuh di atas jembatan karena alami ban selip dan nyaris jatuh ke sungai. Kalau jatuh kemungkinan bisa meninggal karena ketinggian jembatannya 9 meter.

0 Komentar