7 Fakta Menarik Sosok Rizal Ramli Sosok Ekonom Kritis

Sosok Rizal Ramli
Sosok Rizal Ramli
0 Komentar

CIANJUREKSPRESIndonesia berduka karena sosok ekonom kritis Rizal Ramli tutup usia di usia 69 tahun, menariknya berbagai fakta menarik sosok Rizal Ramli terpublik.

Meninggalnya Rizal Ramli mendapatkan banyak ungkapan bela sungkawa dari berbagai tokoh politik seperti Presiden Joko Widodo, Luhut Binsar Pandjaitan, Anis Baswedan, Mahfud MD, Gibran Rakabumingraka, dan lain sebagainya.

Jejak karir dari Rizal Ramli begitu menginspirasi banyak khalayak luas terutama dengan pendapat kritisnya mengenai ekonomi negara.

Baca Juga:Daftar Buah Unik di Dunia Pernah MenemukannyaBuah yang Baik Dikonsumsi pada Pagi Hari

Untuk mengetahui lebih dalam sosok ekonom senior ini ada beberapa fakta mengenai Rizal Ramli.

Fakta Menarik Sosok Rizal Ramli

Mantan Menteri

Rizal Ramli pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan pada masa Presiden Abdurrahman Wahid atau dikenal dengan nama Gus Dur pada 2000-2001.

Setelah itu ia juga pernah menjadi Koordinator Kemaritiman di era pemerintahan Joko Widodo pada 2015 selama 11 bulan lamanya.

Pendidikan Mentereng

Sebagai menteri pendidikan dari Rizal Ramli tidak sembarangan, ia merupakan lulusan S1 dari jurusan Teknik Fisika di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Selain itu ia juga melanjutkan studynya S2 dan S3 di Boston University, Amerika Serikat dengan mengambil jurusan ekonomi sehingga sangat vokal dengan berbagai masalah ekonomi ditambah dengan pengalaman hidupnya yang juga banyak berkecimpung dalam ekonomi masyarakat secara langsung.

Pernah Dipenjara di Era Orde Baru

Rupanya Rizal Ramli yang begitu aktif saat itu sebagai mahasiswa yang mengkritisi pemerintahan Presiden Soeharto yang menyebabkannya harus mendekam di sel penjara selama 8 tahun lamanya.

Menjadi Komisaris BUMN

Beliau pernah menjabat juga sebagai komisaris utama BUMN yakni pada PT. Semen Gresik dan BNI.

Baca Juga:Rekomendasi Makanan Sehat Menjaga dari Radikal BebasRekomendasi Menu Sarapan Sehat Lansia

Selama menjadi komisaris BUMN ia tidak pernah takuk untuk kritik terhadap kebijakan-kenijakan pemerintah yang dianggap tidak benar pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Harta Kekayaan Melimpah

Rizal Ramli bukan orang sembarangan ternyata harta kekayaanya begitu melimpah, dari Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) paa 2015 beliau ditotalkan memiliki harta kekayaan sebesar Rp19,12 miliar.

Menikah Dua Kali

Rizal diketahui pernah menikah dua kali, istri pertamanya Herawati Moelyono meninggal karena kanker dan dikaruniai tiga orang anak yakni Dhitta Puti Saraswati, Dipo Satrio, dan Daisy.

0 Komentar