Kisah Perjalanan Hidup Rizal Ramli Mantan Menko Kemaritiman

Perjalanan Hidup Rizal Ramli
Perjalanan Hidup Rizal Ramli
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Perjalanan hidup Rizal Ramli yang penuh perjuangan yang merintis dari bawah dan lebih menyedihkan ia berjuang hidup sendiri karena seorang yatim piatu.

Rizal Ramli yang lahir di Padang, Sumatera Barat pada 10 Desember 1954 ini merupakan mantan aktivis mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam bidang ekonomi, beliau juga kerap mengisi jabatan pada bagian eksekutif.

Beliau dikenal sebagai sosok yang cukup kritis pada pemerintah yang berulangkali melontarkan kritik tajam terkait masalah ekonomi pemerintah yang sedang dihadapi pada masa itu.

Baca Juga:Benarkah? Senior Ekonom Rizal Ramli Meninggal Dunia Karena Penyakit DiabetesMantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli Tutup Usia di Jakarta

Perjalanan Hidup Rizal Ramli

Rizal Ramli merintis perjalanan hidupnya dengan begitu susah payah, ia yang sebagai anak yatim piatu membiayai sendiri kehidupannya terutama pada masa kuliahnya di Institut Teknologi Banndung (ITB).

Berbagai tekanan kehidupan yang dialaminya memdekatkan dirinya dengan berbagai problematika masyarakat di lingkungan bahkan lebih luas lagi.

Pada 1978 ia bahkan ikut dalam gerakan menentang pemilihan kembali Soeharto menjadi presiden, hal itu membuatnya diberikan ruang di sel selama 18 bulan lamanya.

Setelah keluar dari penjara tersebut Rizal Ramli banyak meniti pendidikan di luar negri dan memperoleh gelar doktor dari Boston University kemudian kembali pulang ke tanah air Indonesia.

Sepulangnya di Indonesia ia mendirikan Econit (1992) lembaga untuk mengkaji ekonomi dan menuai banyak reputsiatas mengkritisi kebijakan pemerintah yang dirasakan tidak fair bagi masyarakat terutama masyarakat kecil.

Kemudian pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid, Rizal Ramli yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) pada priode 2000-2001. Di tahun yang sama juga ia menjabat sebagai Menko Ekonomi, Keuangan dan Industri.

Pada era pemerintahan Presiden Jokowi, Rizal dipercaya untuk menjabat sebagai Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia pada 2015-2016.

Baca Juga:Inspirasi Fashion dari Rok Plisket bikin Tampilan MenawanRekomendasi OOTD Preweding Casual paling Estetik

Kabar duka untuk Indonesia senior ekonom Rizal Ramli Meninggal dunia malam ini di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta karena penyakit diabetes yang diidapnya.

Rizal Ramli Mantan Menko Kemaritiman periode 2015-2016 tutup usia di 69 tahun,  menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Kabar mengejutkan ini tidak disangka-sangka mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia tanggal 2 Januari pukul 19.30 WIB Rizal Ramli meninggal dunia karena diabetes.

0 Komentar