Harga Beras Makin Melambung, Bulog Cianjur Salurkan Bantuan

ilustrasi bulog
ilustrasi: bulog
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Cianjur mendapatkan mandat dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk menyalurkan bantuan 10 kilogram beras pada 262.618 keluarga penerima manfaat (KPM). Hal itu dilakukan pascakenaikan harga beras yang terjadi di Cianjur belakangan ini.

“Kami melakukan program program pemerintah, yang merupakan penugasan dari Bapanas untuk menyalurkan bantuan pangan beras 10 kg setiap bulan selama tiga bulan yakni September, Oktober, November 2023,” ujar Kepala Bulog Divre Cianjur Renato Horison, Rabu (20/9/2023).

Hingga saat ini, pihaknya sudah menyalurkan beras ke lima kecamatan yakni Kecamatan Agrabinta, Haurwangi, Cikalongkulan, Kadupandak, dan Leles. “Selanjutnya kita akan salurkan ke kecamatan lain di Cianjur,” ujarnya.

Baca Juga:Apes, Pelaku Judi Slot Berakhir di Sel TahananAneh, Maling Ancam Balik Korban Pencurian!

Menurutnya, dengan adanya supply 10 kg beras pada KPM diharapkan permintaan atau demand beras bisa turun, sehingga harga pun bisa berangsur turun.

Musim Kemarau, Harga Beras Makin Melambung

Soal kualitas dan pendistribusian beras, Renato menyebutkan Bulog menyalurkan beras kualitas medium yang akan dititipkan di kantor kelurahan atau desa di Cianjur.

“Insya Alloh kita menyiapkan beras medium kualitas baik. Kalau untuk distribusinya akan ada proses verifikasi pada masing-masing penerima baik dengan KTP atau KK barulah penyerahan beras,” jelasnya.

“Data KPM sendiri berasal dari PPKS Kemensos yang diserahkan pada Bapanas. Bapanas lalu menyerahkan data tersebut pada divre. Kalaupun ada pengalihan data, ada mekanisme tersendiri,” imbuhnya.

Anggota DPRD Jabar Minta Pemerintah Menggelar Operasi Pasar Atasi Kenaikan Harga Beras

Renato mengungkapkan, kenaikan harga beras yang terjadi merupakan tren tahunan. Dimana pada September hingga November volume panen beras akan menurun padahal demand-nya tetap.

Kaur Umum Desa Bojong Kasih, Kecamatan Kadupandak, Saepul Hidayat mengatakan, beras batuan pada KPM telah tiba ke desa pada Selasa (19/9/2023) lalu. Rencananya, bantuan akan segera dibagikan.

0 Komentar