Musim Kemarau, Harga Beras Makin Melambung

kemarau
ilustrasi: Dokumentasi Rikzan RA
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES- Kemarau berkepanjangan yang melanda hampir seluruh Indonesia, membuat harga beras melambung tinggi termasuk di Cianjur. Sejak Agustus 2023, harga kebutuhan pokok tersebut terus alami kenaikan hingga menyentuh Rp14 ribu per kilogram.

Pedagang beras di Pasar Muka, Endang (53) mengungkapkan hampir setiap hari harga beras naik. Agustus lalu, harga beras kualitas medium hanya berkisar Rp11 ribu, kini menyentuh angka Rp12.500 per kilogram.

“Apalagi yang premium, sekarang sudah Rp14 ribu. Dari pabriknya Rp13.800, bisa jadi besok naik lagi,” ujar Endang saat ditemui Cianjur Ekspres, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga:Dua Bulan Lagi, Gedung Lapas Baru DiresmikanPipa PDAM di Panumbangan Bocor, Tak Pernah Diganti Pascagempa

Buruh Tani Tembakau dan Buruh Pabrik Rokok di Cianjur Bakal Terima BLT DBHCHT

“Penjualan lesu. Biasanya sepekan bisa semobil atau 5 ton, sekarang tidak sampai segitu. Paling 1 atau 2 ton,” kata dia.

Selain kemarau panjang akibat fenomena El Nino, sedikitnya pasokan dari dalam kota, harga pupuk yang naik juga menyumbang kenaikan harga beras di Cianjur.

“Harga pupuk naik kan, jadi beras pun ikut naik. Pasokan dari dalam Cianjur pun kurang, ini dibantu pasokan dari luar kota,” katanya.

Dia berharap, beras Bulog bisa membantu menekan harga beras di Cianjur. Pasalnya, jika jumlah beras di pasar berlimpah, harganya pun akan berangsur turun.

Sejarah Cianjur yang Penuh Makna, Kuda Kosong dan Tiga Biji Beras-Cabai

Sebelumnya, pejabat fungsional Dinas Koperasi, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur, Sukri menyebutkan kenaikan harga beras merupakan imbas kemarau panjang yang membuat sejumlah persawahan di Cianjur alami gagal panen.

Baca Juga:Bupati Herman Ultimatum Vendor RTG MangkrakPolisi Bekuk 31 Pelaku Tindak Kejahatan dalam Tiga Minggu Terakhir

Dirinya pun telah berkoordinasi dengan Bulog Cianjur untuk mengantisipasi kenaikan herga beras di beberapa pasar di Cianjur.

“Kita minta Bulog untuk memasok beras ke pasar-pasar untuk menekan kenaikan harga beras di Cianjur,” kata dia.

0 Komentar