Dua Bulan Lagi, Gedung Lapas Baru Diresmikan

lapas
ilustrasi: Dokumentasi Rikzan RA
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – Gedung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Cianjur yang sempat rusak akibat gempa 5,6 magnitudo pada 21 November 2022 lalu, sedikit demi sedikit mulai rampung.

Diperkirakan, selain tembok pembatas, seluruh bangunan baik yang diperbaiki maupun yang dibangun ulang, bisa diresmikan  dan digunakan pada dua bulan depan lagi.

“Tiga blok kamar penjara sudah selesai diperbaiki. Kalau gedung teknis dan kita yang ada di bagian depan, sekarang sudah 80 persen rampung. InsyaAllah selesai dan bisa diresmikan dua bulan lagi,” ujar Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KaKLP) Lapas Klas IIB Cianjur, Nurzaman pada Rabu (13/9/2023).

Baca Juga:Pipa PDAM di Panumbangan Bocor, Tak Pernah Diganti PascagempaBupati Herman Ultimatum Vendor RTG Mangkrak

Pembangunan Huntap Relokasi Tahap III Korban Gempa di Batulawang Cianjur Mundur

“Saat ini ruang besuk masih memanfaatkan tenda, tapai kalau gedung teknis rampung, ruang besuk akan kembali ke dalam ruangan di gedung baru,” kata dia.

Sedangkan untuk tembok pengamanan di sekeliling lapas, lanjut Nurzaman, akan segera dibangun di tahun ini.

“Saat ini lapas masih menggunakan tembok keliling darurat yang dijaga 180 personil. Untuk pembangunan tembok pengamanan keliling pengerjaannya di tahun ini,” kata dia saat ditemui Cianjur Ekspres.

Ikut Jalan Sehat Merah Putih, Dua Warga Cianjur Dapat Hadiah Umrah

“Bulan ini kita akan tarik warga binaan yang sebelumnya kita titip ke dua lapas di Sukabumi, karena kamar-kamar yang sebelumnya alami kerusakan sudah bisa diisi. Hanya ada sedikit masalah di salah satu blok, ada saptictank yang rusak saat pekerjaan tembok keliling, saat ini sedang diperbaiki untuk kenyamanan para warga binaan,” ujarnya.

Nurzaman juga menyebutkan, sejak empat bulan lalu, Lapas Klas II B Cianjur juga sudah mulai menerima tahanan-tahanan dari Polres Cianjur. Dalam sepekan, lapas menerima hingga 10 tahanan.

0 Komentar