Kelompok Tani Gede Lestari Kecamatan Gekbrong Ubah Kotoran Hewan Sapi Menjadi Biogas

Kelompok Tani Gede Lestari Kecamatan Gekbrong Ubah Kotoran Hewan Sapi Menjadi Biogas
RESMIKAN: Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan, Nurdiyati bersama dengan Kelompok Tani (KT) Gede Lestari di Kampung Tabrik, Desa/Kecamatan Gekbrong usai peresmian penggunaan biogas. (FOTO: Istimewa)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – PT.Tirta Investama Aqua Cianjur mendukung keberlanjutan lingkungan untuk menghasilkan energi bersih terbarukan dan ramah lingkungan. Salah satunya sebagaimana program yang diluncurkan Kelompok Tani Gede Lestari, Desa/Kecamatan Gekbrong.

Pemanfaatan kotoran hewan (Kohe) menjadi biogas menjadi salah satu upaya yang tengah dilakukan. Dimana program Integrated Farming System yaitu sebuah konsep pertanian terintegrasi dengan memanfaatkan kotoran sapi menjadi biogas.

Hal ini merupakan upaya untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat yang sudah terbiasa menggunakan sumber energi gas yang bersumber dari gas alam, yang saat ini ketersediaan bahan bakunya semakin berkurang.

Baca Juga:Cegah Pelanggaran dengan Patroli PengawasanPanwaslu Cianjur Lakukan Pengawasan Gudang Logistik Pemilu di Bale Rancage

Program ini menjadi langkah konkrit PT.Tirta Investama Aqua Cianjur dalam mendukung keberlanjutan lingkungan untuk menghasilkan energi bersih terbarukan dan ramah lingkungan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan, Nurdiyati menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungan terhadap program CSR dari PT. Tirta Investama Aqua Cianjur yang bermanfaat bagi Kelompok Tani.

Dalam kesempatan tersebut Nurdiyati secara simbolis meresmikan Instalasi Biogas milik Kelompok Tani (KT) Gede Lestari di Kampung Tabrik, Desa/Kecamatan Gekbrong yang merupakan program CSR Aqua Cianjur.

“Untuk ukuran Biogas sendiri mempunyai kapasitas 17 M3 dan telah menyalurkan ke- 5 titik nyala api,” tutur Nurdiyati.

Sementara itu Manager CSR PT Tirta Investama Aqua Danone Cianjur Usep Warsono, dalam sambutannya menyampaikan komitmen Aqua Cianjur dalam memberikan dampak baik bagi lingkungan sekitar.

“Ini merupakan komitmen Aqua Cianjur dalam memberikan dampak baik bagi lingkungan sekitar,” kata Warsono.

Camat Gekbrong, Dewi Sartika pun menyampaikan terimakasih kepada pihak yang telah mendorong masyarakat, khususnya pertanian sehingga kedepan para petani lebih kreatif lagi.

Baca Juga:Panwaslu Cugenang Pastikan Gudang Logistik Pemilu LayakPabrik AQUA Cianjur: Produksi Air Minum dalam Kemasan yang Sehat Berkualitas

“Terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mendorong masyarakat tani kami untuk lebih maju, mudah-mudahan dengan dorongan serta support dari berbagai pihak, masyarakat tani kami semakin kreatif,” katanya.

Sementara penerima manfaat Uden Suherlan sekaligus Ketua Kelompok Tani Gede Lestari menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT Tirta Investama Aqua Cianjur atas program-program yang telah diimplementasikan.

0 Komentar