3 Lokasi Saksi Bisu Tsunami Aceh yang Terjadi 19 Tahun Lalu

3 Lokasi Saksi Bisu Tsunami Aceh yang Terjadi 19 Tahun Lalu
3 Lokasi Saksi Bisu Tsunami Aceh yang Terjadi 19 Tahun Lalu
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Berikut ini akan diulas informasi terkait tiga lokasi saksi bisu tsunami Aceh yang terjadi sembilan belas tahun lalu.

Seperti yang diketahui, peristiwa tersebut menjadi salah satu bencana alam paling mematikan dalam sejarah Indonesia.

Nah, untuk mengetahui tiga lokasi saksi bisu tsunami Aceh sembilan belas tahun lalu, kamu dapat menyimak artikel ini hingga akhir!

Baca Juga:Kereta Cepat Whoosh Raih 1 Juta Penumpang Dalam 2 Bulan3 Rekomendasi Negara Underrated dengan Hidden Gems Terbanyak

Lokasi Saksi Bisu Tsunami Aceh

1. Museum tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh menjadi salah satu lokasi saksi bisu tsunami Aceh. Museum ini dibangun untuk mengenang peristiwa tersebut.

Dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, di antaranya seperti ruang pameran, ruang audio visual, dan ruang terbuka.

Ruang pameran memiliki banyak informasi tentang tsunami yang terjadi di Aceh. Mulai dari sejarah, dampak, hingga upaya pemulihan.

Sedangkan ruang audio visual di museum ini menampilkan film dokumenter peristiwa tersebut. Adapun ruang terbuka yang digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti upacara peringatan peristiwa dan kegiatan edukasi.

2. Kubah Masjid Gurah

Kubah Masjid Gurah pada awalnya merupakan bagian dari Masjid Jamik Gurah. Namun, saat terjadi peristiwa tsunami Aceh, masjid Gurah hancur dan hanya menyisakan kubahnya.

Kubah tersebut kemudian dipindahkan ke lokasi yang lebih tinggi agar terhindar dari tsunami susulan. Sehingga kubah masjid Gurah menjadi simbol ketahanan dan semangat masyarakat Aceh.

3. Kuburan Massal Siron

Kuburan Massal Siron juga tentunya menjadi lokasi saksi bisu tsunami aceh. Pasalnya, tempat ini merupakan pemakaman massal para korban yang berisi sekitar 2.000 jenazah.

Baca Juga:3 Wisata Jogja untuk Foto Pre-Wedding, Romantis dan Berkesan!3 Wisata Malam di Thailand yang Tidak Boleh Terlewatkan!

Jenazah-jenazah yang dikubur di pemakaman tersebut tidak dapat diidentifikasi dan dimakamkan bersama-sama. Sehingga kuburan Massal Siron akan selalu menjadi simbol duka dan tragedi tsunami Aceh.

 

0 Komentar