Polres Cianjur Usulkan Tambah Jalur Penyelamat di Titik Rawan Laka

Polres Cianjur Usulkan Tambah Jalur Penyelamat di Titik Rawan Laka
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Tingginya angka kecelakaan (Laka) di dua titik rawan laka yakni di Jalan Raya Sukabumi-Cianjur Desa Gekbrong dan di Jalar Raya Puncak Desa Ciloto, Polres Cianjur bakal usulkan penambahan escape area atau jalur penyelamatan tambahan.

Diketahui, di kedua jalan tersebut kini sudah tersedia jalur penyelamat, namun titik rawan kecelakaan berada di lokasi yang berbeda dengan lokasi jalur penyelamat.

Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cianjur AKP Adhi Prasidya, beberapa waktu lalu. “Masing-masing jalur rawan kecelakaan itu sudah ada jalur penyelamat. Namun dirasa masih kurang, khususnya di Jalan Raya Sukabumi-Cianjur,” kata Adhi.

Baca Juga:Perayaan Natal 2023 di Cianjur AmanSatu Unit Rumah di Takokak Hangus Terbakar

Menurutnya, jalur tersebut memiliki panjang mencapai lebih kurang 75 meter dengan kondisi jalan lurus dan menurun sehingga rawan terjadi rem blong utamanya pada kendaraan berukuran besar.

“Dengan adanya jelurboenyelamat tersebut, kendaraan yang mengalami remblong bisa mengalihkan laku kendaraan ke jalur penyelamatan. Sehingga tidak menyebabkan kecelakaan,” kata dia.

“Saat ini sudah ada (di Jalan Raya Sukabumi-Cianjur) dan cukup efektif untuk menurunkan angka kecelakaan. Tapi khusus untuk jalur tersebut kami akan usulkan agar ditambah jalur penyelamatannya, supaya upaya pencegahan kecelakaan bisa lebih optimal,” imbuh dia.

Rencananya jalur penyelamatan kedua diusulkan dibangun di kawasan Desa Gekbrong atau Cikahuripan.

“Kalau dari arah Sukabumi ke Cianjur, jalur penyelamatan yang kita usulkan itu di atas atau sebelum jalur penyelamatan yang sudah ada. Nanti kita komunikasikan dengan pihak perhubungan,” kata dia.

Di sisi lain, Adhi juga menyebut perlu ada tambahan jalur penyelamatan di Jalur Cianjur-Puncak Desa Ciloto. Namun pihaknya masih mengkaji lokasi yang tepat.

“Jalur puncak juga perlu ada. Tapi harus dikaji dulu lokasi yang tepatnya. Prosesnya cukup panjang. Jadi kami akan fokuskan dulu untuk jalur Sukabumi-Cianjur,” kata dia.

Baca Juga:Milad PUI Ke-106 Diadakan Serentak di Seribu YayasanTiga Korban Laka Gekbrong Masih di Ruang Perawatan

Dia mengimbau di momen libur natal dan tahun baru kali ini, para pengendara diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati.

“Kita tetap imbau untuk berhati-hati. Pastikan kondisi kendaraan baik saat bepergian. Selain itu patuhi aturan berlalulintas,” pungkasnya.

0 Komentar