Milad PUI Ke-106 Diadakan Serentak di Seribu Yayasan

Milad PUI Ke-106 Diadakan Serentak di Seribu Yayasan
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Pada peringatan milad Persatuan Ummat Islam (PUI) ke 106, PD PUI Kabupaten Cianjur menggelar apel yang dihadiri seluruh unsur PUI di Komplek Yayasan Ma’had Izzul Islam Cianjur, Jalan KH Saleh, Kampung Pamokolan, Desa Suakanah, Kecamatan Karangtengah pada Kamis (21/12/2023).

Ketua Umum PR PUI Kabupaten Cianjur Fadlurachman mengungkapkan, jika perayaan milad PUI ke 106 tahun ini mengusung tema Pendidikan dan Dakwah PUI untuk Kemajuan Indonesia, diadakan serentak di 1.000 yayasan yang ada di Indonesia dalam naungan PUI.

“PUI menggelar apel serupa di lebih dari 1.000 sekolah di seluruh Indonesia,” ujar Fadlurachman.

Baca Juga:Tiga Korban Laka Gekbrong Masih di Ruang PerawatanDalam Dua Bulan Ada 17 Kasus Narkoba di Cianjur

Selain apel, dalam peringatan milad juga dilaksanakan ta’lim islah atau pengajian dengan judul Islahul Ummah wal Mujtama’ atau Perbaikan Ummat dan Masyarakat.

“Judul ini dipilih karena mengedukasi warga PUI di Indonesia khususnya di Kabupaten Cianjur dalam menanggapi kontestasi pemilu baik Pilpres dan Pileg di 2024 mendatang,” jelasnya.

Kata dia, dalam pengajian tersebut peserta diberikan edukasi soal pentingnya memilih calon pemimpin baik itu presiden maupun anggota legislatif yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Kriteria tersebut adalah laki-laki, baligh, berakal, merdeka atau tidak dalam tekanan, adil, visioner, berani, penduduk asli, berilmu, dan terakhir mujahid atau bersungguh-sungguh,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga menegaskan jika PUI berkomitmen terhadap kebangsaan, Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, juga UUD 1945.

“Kita tidak mewajibkan warga PUI memilih salah satu calon. Tapi kita edukasi soal sunnah dalam memilih pemimpin. Soal pilihan itu hak masing-masing,” ujarnya lagi.

0 Komentar