Perayaan Natal 2023 di Cianjur Aman

natal 2023 cianjur
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Perayaan Natal 2023 di Kabupaten Cianjur terpantau aman. Hal ini diungkapkan Bupati Cianjur, Herman Suherman bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Cianjur usai mengunjungi gereja-gereja yang sedang melaksanakan ibadah.

“Kunjungan kami untuk memastikan jika peribadatan Natal 2023 berjalan lancar, kondusif, dan tidak terkendala,” ujar Herman kepada wartawan saat malam Natal 2023, Minggu (24/12/2023).

Diketahui dalam kunjungan, unsur Forkopimda Kabupaten Cianjur menyambangi tiga gereja yang ada di Kecamatan Cianjur yakni GKI Cianjur dan GKP Cianjur di Jalan Mangunsarkoro, dan terakhir di Gereja Katolik St. Petrus Paroki Cianjur Jalan Siliwangi.

Baca Juga:Satu Unit Rumah di Takokak Hangus TerbakarMilad PUI Ke-106 Diadakan Serentak di Seribu Yayasan

Polres dan Kodim Cianjur Siagakan di 43 Gereja

Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan mengungkapkan, pada operasi Lilin Lodaya 2023 pihaknya menyiagakan 340 personel untuk menjaga proses ibadah di 43 gereja yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Sebanyak 340 personel bersiaga menjaga proses peribadatan pada perayaan Natal 2023 di 43 gereja yang ada di Cianjur, bekerjasama dengan Kodim 0608/Cianjur,” ujarnya.

Tak hanya itu, dalam upaya sterilisasi, dua ekor anjing pelacak Unit Satwa K-9 Polres Cianjur dan tim penjinak bom (Jibom) Satbrimob Polda Jawa Barat diterjunkan untuk memastikan keamanan gereja-gereja yang ada di Cianjur.

“Sterilisasi gereja ini kita lakukan untuk memberikan rasa aman bagi umat Kristen yang akan melangsungkan ibadah Natal 2023 dengan mengerahkan unit K-9 dan Tim Jibom,” ungkap Aszhari.

Aszhari menyebutkan, terdapat sejumlah gereja yang dilakukan sterilisasi di antaranya Gereja Kerasulan Baru, Gereja Pusaka, Gereja Kristen Pasundan (GKP) Cianjur, dan Gereja Lembah Karmel di Kecamatan Sukaresmi.

Aszhari mengungkapkan meskipun dalam momen Natal 2023 terdapat sejumlah potensi kerawanan, di antaranya aksi teror dan kejahatan jalan. Namun hingga saat ini, dirinya melihat jika kondisi di Kabupaten Cianjur sendiri sangat kondusif.

“Kita lihat kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polres Cianjur cenderung kondusif. Tapi meski begitu kita tetap lakukan upaya-upaya antisipasi juga deteksi dini terhadap kerawanan-kerawanan jelang perayaan Natal 2023,” kata Aszhari.

Baca Juga:Tiga Korban Laka Gekbrong Masih di Ruang PerawatanDalam Dua Bulan Ada 17 Kasus Narkoba di Cianjur

Saat upaya sterilisasi, anjing pelacak milik unit satwa K-9 Polres Cianjur menyisir sudut gedung dan halaman gereja.

0 Komentar