Cara Membuat Tempura Udang untuk Makan Siang

Tempura Udang
Tempura Udang
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Tempura udang yang renyah dan udang yang lembut memang akan bersatu padu didalam mulut sangat nikmat disantap dengan nasi putih hangat untuk makan siang.

Siapa yang sudah tempura udang? Makanan yang satu ini memang banyak digemari semua kalangan. Ada lho resep tempura udang renyah yang mudah dibuat dirumah.

Tempura atau tenpura adalah makanan Jepang berupa makanan laut atau sayur-sayuran yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda. Wikipedia

Baca Juga:Klapertart Kue Warisan Belanda yang Bikin TergodaRekomendasi Sarapan Sehat dan Mudah Dibuat

Katanya resep adonan tepung yang benar untuk membuat tepung tempura Jepang adalah adonan yang encer dan dingin. Lalu, bagaimana cara sederhana membuat tepung tempura Jepang sendiri yang lezat dan renyah? Siapkan catatan dan alat tulis kamu, berikut ini resep tempura udang yang renyah khas jepang.

Tempura Udang

Bahan:

  • 250 gram udang
  • 100 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 buah kuning telur
  • 200 ml air dingin

Cara membuat adonan tepung:

  1. Campurkan tepung, baking powder, dan garam hingga merata. Lalu, kocok lepas kuning telur, dan tambahkan air dingin. Rahasiauntuk membuat tempura renyah, yaitu menjaga adonan tepung selalu dingin.
  2. Kemudian, tuangkan campuran telur ke dalam campuran tepung tempura. Aduk adonan dengan secukupnya saja, nggak perlu sampai merata dan jangan khawatir jika ada tepung yang menggumpal. Jika adonan terlalu banyak di aduk, tempura udang justru tidak akan menjadi renyah.

Cara menggoreng tempura udang:

  1. Balurkan sedikit tepung maizena ke atas udang yang sudah di bersihkan.
  2. Kemudian, celupkan udang ke adonan tepung beberapa kali hingga seluruh bagian udang terlumuri adonan tepung, kecuali bagian ekor udang.
  3. Gorenglah udang selama 2-3 menit sampai berwarna keemasan.
  4. Kalau ingin tempura udang memiliki ‘kulit’ yang sangat banyak, tuangkan sedikit adonan tepung tambahan ke atas udang setelah udang di goreng selama 5-7 detik.
  5. Angkat udang dan tiriskan minyaknya. Bila perlu, letakkan udang yang telah di goreng di atas tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih. Sajikan udang selagi panas.
  6. Agar tempura udang yang kamu buat bisa benar-benar renyah dan tidak berminyak, gunakan minyak yang cukup banyak untuk menggoreng sampai udang terendam seluruhnya. Selain itu, pastikan minyak harus benar-benar panas sebelum memasukkan udang ke dalamnya.
0 Komentar