Tips Membuat Serundeng Kelapa

Serundeng
Serundeng
0 Komentar

CIANJUREKSPRESKelapa bisa dimanfaatkan semua bagiannya dari mulai daging, air, bahkan cangkangnya. Seperti serundeng yang terbuat dari daging kelapa parut yang banyak disukai orang.

Serundeng adalah salah satu olahan kelapa yang sangat populer di Indonesia bahkan setiap daerah memiliki ciri khas olahan serundengnya tersendiri.

Seperti di pulai Jawa serundeng dinikmati dengan rasa yang manis dipadukan dengan bumbu gula merah sehingga rasanya manis dan gurih.

Baca Juga:Camilan Tradisional Klepon yang Manis dan LegitRekomendasi Kuliner dari Buah Kelapa

Namun di Jawa TImur olahan serundeng memiliki karakter berwarna kuning dan rasanya asin gurih.

Hal tersebut yang menjadikan banyak keragaman pada serundeng di Indonesia, namun dalam setiap serundengnya tahukah kamu ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk serundeng tetap bagus tanpa bau tengik.

Tips Membuat Serundeng Kelapa

Pilih kelapa muda

Pilihan jenis kelapa yang masih muda karena berkaitan dengan tekstur  yang dihasilkan, serundeng dari kelapa muda cenderung akan lebih empuk saat dikunyah.  Namun jika kelapa tua tekstur yang dihasilkan biasanya akan keras.

Sangrai kelapa

Setelah memilih jenis kelapa yang harus di pakai, agar serundeng awet dan tidak bau tengik proses sangrai kelapa sangat penting untuk menghilangkan kandungan airnya.

Kelapa disangrai dengan api yang kecil menggunakan kompor agar kelapa tidak gosong dan tidak pahit.

Masak hingga kering

Saat memasak serundeng biasanya ditambahkan air kembali dan masak hingga kering menggunakan api kecil sampai air surut perhatian untuk menghindari kelapa menjadi gosong.

0 Komentar