Kiki Fatmala Derita Kanker Paru Stadium 4 Tak Bergejala, Kenali Cirinya!

Kiki Fatmala Derita Kanker Paru Stadium 4 Tak Bergejala
Kiki Fatmala Derita Kanker Paru Stadium 4 Tak Bergejala
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Dunia hiburan tanah air sedang berduka, sebab aktris senior Kiki Fatmala dikabarkan meninggal dunia akibat kanker Paru Stadium 4 tak bergejala. Sabtu, (1/12/2023).

Aktris yang dikenal melalui sinetron Si Manis Jembatan Ancol ini didiagonisis alami komplikasi akibat kanker. Pada akhir 2021 lalu ia bahkan sempat menjalani pet scan.

Saat itu Kiki Fatmala menungkap tidak merasakan adanya gejala seperti pasien kanker paru lainnya. Karena biasanya penderita stadium akhir menunjukkan gejala seperti batuk berdarah.

Baca Juga:Inspiratif! Tukang Parkir Daftar Umrah Ke-4 Kali Pakai Uang RecehPamer! Jokowi Masuk Koran Internasional Soal Politik Dinasti dan Mahkamah Keluarga

“Itu enggak ada gejala apa-apa sama sekali. Langsung stadium empat. Sama sekali enggak ada (gejala). Biasanya kata dokter stadium empat biasanya batuk keluar darah. Jadi orang datang ke dokter karena batuk terus keluar darah. Baru ke dokter,” kata Kiki Fatmala dikuti dari tayangan Pagi-Pagi Ambyar.

Bahkan sebelum didiagnosis kanker paru pada 2021 lalu, Kiki juga tidak mengalami gejala seperti sesak nafas.

Lantas seperti apa ciri-ciri dari Kanker Paru?

Ciri-ciri Kanker Paru Tak Bergejala

Profesor Dr. dr. Agus Dwi Susanto, SpP(K), seorang spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) serta Guru Besar di bidang Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan pandangannya.

Menurut penjelasannya, kanker paru-paru umumnya tidak menunjukkan gejala pada stadium awal. Faktor ini disebabkan oleh ukuran lesi kanker paru yang masih kecil dan belum mencapai jaringan saluran napas atau pembuluh darah

Agus menjelaskan lebih lanjut bahwa ketika kanker paru telah mencapai stadium lanjut, pasien umumnya mengalami beberapa gejala seperti batuk, batuk berdarah, sesak napas, nyeri dada, dan sebagainya.

Berbicara tentang kasus mendiang Kiki Fatmala, yang ternyata berada pada stadium lanjut tanpa menunjukkan gejala seperti batuk darah atau sesak napas, Agus mencatat bahwa data riset di luar negeri menunjukkan sekitar 5 hingga 7 persen kasus kanker paru tidak menunjukkan gejala atau bersifat asymptomatik.

Namun Agus juga mengungkap kemungkinan adanya gejala lain yang mungkin tidak disadari yang menunjukkan gejala kanker paru.

Baca Juga:Link Spotify Wrapped 2023, Bagaimana Cara Membuatnya?Kawasaki Ninja ZX-4R vs Aprilia RS 457: Pertarungan Motor Sport Level Premium

Oleh sebab itu menghimbau masyarakat khususnya mereka yang masuk dalam kelompok berisiko tinggi untuk rajin melakukan check up rutin 1 tahun sekali untuk mendeteksi kanker paru.

0 Komentar