Viral! Buya Arrazy Hasyim Soal Hamas: Kondisi Palestina Jadi Rumit

Arrazy Hasyim soal Hamas Youtube Deddy Corbuzier
Arrazy Hasyim soal Hamas Youtube Deddy Corbuzier
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Pernyataan mubaligh Buya Arrazy Hasyim mengenai kondisi Palestina – Israel dalam podcast YouTube Deddy Corbuzier kini tengah menjadi sorotan warganet.

Buya Arrazy Ahmad memaparkan jika saat ini peta wilayah Palestina telah terpecah, terutama di Gaza itu sendiri.

Sebagaimana diketahui, saat ini Gaza telah menjadi wilayah kekuasaan Hamas yang memiliki pemerintahan sendiri di luar pemerintahan Palestina yang dipimpin Fatah.

Baca Juga:Siapa Buya Arrazy Hasyim? Sebut Hamas Sebabkan Warga Gaza TerbunuhAnwar Usman Diberhentikan Sebagai Ketua MK

Menurut eks dosen UIN Jakarta itu, Hamas seharusnya membersihkan wilayah perang terlebih dulu saat akan melawan Israel, yakni Gaza.

“Ideal nih bang, idealnya kalau Hamas mau perang, sterilkan wilayah perangnya,” kata Buya Arrazy kepada Deddy Corbuzier, dikutip Rabu, 8 November 2023.

Dirinya menuturkan tidak mengetahui alasan Hamas tidak membersihkan wilayah perangnya.

“Kenapa Hamas tidak sterilkan dulu saudara-dia orang-orang Palestina di Gaza? Saya nggak tahu,” katanya.

Adapun, katanya, wilayah Gaza yang menjadi medan pertempuran Hamas dan Israel bukanlah wilayah besar. Terlebih pemerintahan Hamas memisahkan diri dengan pemerintahan Fatah yang secara legalitas akui negara lain.

Hal itu yang menyebabkan kondisi di Palestina saat ini sangat rumit karena faktanya terjadi perbedaan ideologi antara Fatah dan Hamas.

“Karena Gaza itu tidak segeda yang kita bayangkan. Mungki sekabupaten kali,” terangnya.

“Coba lihat petanya, dia (Gaza), kan, misah dengan tepi barat, misah, misah sendiri dan itu betul-betul rumit,” jelas Buya Arrazy.

Baca Juga:Isi Pemeriksaan Konstitusi oleh MKMK, Siap Diputuskan Hari Ini!Soal Pelanggaran Etik Anwar Usman dkk, MKMK: Diputuskan Hari Ini!

Diketahui Hamas sempat menyerang Israel pada 7 Oktober 2023 lalu. Serangan Hamas tersebut diklaim oleh Israel telah menewaskan 1.400 warganya dan ratusan menjadi tawanan.

Sebaliknya Israel melakukan serangan balik melalui serangan militer udaranya.

Dampaknya 10.000 lebih warga sipil meninggal dunia dan 30.000 lebih warga mengalami luka-luka. Korban jiwa di pihak Palestina mayoritas adalah anak-anak dan perempuan serta lansia.

Reaksi Warganet Soal Pernyataan Arrazy Hasyim

Pernyataan Buya Arrazy Hasyim menjadi viral di jagad maya dan menuai beragam reaksi dari warganet. Beberapa menilai jika apa yang disampaikannya keliru bahkan bohong.

Seorang netizen yang mengaku warga asal Palestina menyebut bahwa Buya Arrazy tidak memahami cerita dan kondisi di Palestina saat ini.

0 Komentar