Berawal Hobi Pelihara Hewan, Pemuda Cianjur Ini Buka Peternakan Domba dan Kambing

Berawal Hobi Pelihara Hewan, Pemuda Cianjur Ini Buka Peternakan Domba dan Kambing
Berawal Hobi Pelihara Hewan, Pemuda Cianjur Ini Buka Peternakan Domba dan Kambing
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES – Jiwa bisnis memang tidak bisa dilepaskan dari pemuda asal Cianjur bernama M. Hari Fauzi ini. Di usianya yang tergolong masih muda, pria kelahiran 1996 itu sudah menjadi peternak domba dan kambing.

Usaha peternakan yang bernama MHF Farm diambil dari singkatan namanya tersebut sudah berjalan hampir empat tahun dan terbilang sukses dengan memiliki dua lokasi peternakan. Yakni di Kampung Mangun, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang dan Kampung Cileutik, Desa Girijaya, Kecamatan Cibinong yang sedang dalam tahap pengembangan.

Fauzi mengungkapkan, saat ini terdapat sekitar 90 ekor domba dan kambing yang tersebar di dua lokasi peternakan tersebut.

Baca Juga:Tingkatkan Kompetensi, 120 Pejabat Pemkab Cianjur Jalani AsesmenGerak Cepat PKB Cianjur, Instruksikan 7.200 Kader Penggerak Partai Sosialisasikan Pasangan AMIN Door to Door

“Kurang lebih ada 20 ekor domba dan kambing di peternakan yang berlokasi di Kecamatan Cibinong. Sedangkan peternakan yang lokasinya di Kecamatan Cugenang fokus untuk hewan ternak domba sebanyak 70 ekor,” katanya kepada Cianjur Ekspres, Rabu (25/10/2023).

Terkait dengan pemasarannya, Fauzi mengatakan, masih di wilayah Kabupaten Cianjur. Khusus Domba jenis Priangan dan Garut dirinya menjual dengan harga kisaran Rp2,5 juta sampai Rp6 juta.

Sedangkan untuk Kambing jenis Jawarandu dan Peranakan Etawah atau PE mulai dari kisaran Rp2,5 juta sampai Rp5 juta. Bahkan pada momen Idul Adha tahun lalu, Fauzi meraup omset sekitar Rp150 juta.

“Usaha peternakan ini menjanjikan, terlebih di momen idul fitri dan idul adha,” katanya yang hobi memelihara hewan.

Fauzi mengaku, suka dengan dunia bisnis sejak lama, dimana dari SMA sudah mulai belajar berdagang.

“Awal mulanya dari hobi pelihara hewan, lalu membaca market ada peluang yang bisa dimanfaatkan sehingga tertarik merintis usaha peternakan,” ujarnya.

Alasan lain dirinya membuka usaha peternakan karena ingin bermanfaat bagi banyak orang dengan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,

Baca Juga:KPU Cianjur Sepekan Gelar Kirab Pemilu 2024Koalisi Indonesia Maju Sepakat Usung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

“Sekarang ada pegawai sembilan orang yang merupakan warga lokal di masing-masing lokasi peternakan,” tutur Fauzi.

Selain domba dan kambing, lanjut Fauzi, dirinya juga menjual sapi bekerjasama dengan peternakan lain yang sudah menjadi mitra.

0 Komentar