Belum Sebulan Tutup TikTok Shop Comeback November, Cek Faktanya!

TikTok Shop Buka Kembali November 2023
TikTok Shop Buka Kembali November 2023
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Unggahan mengenai kabar TikTok Shop buka kembali pada November mendatang ramai menjadi perbincangan di media sosial.

Hal tersebut bermula dari sebuah unggahan akun X atau Twitter @discountfess, “Rumornya Tiktok Shop akan COMEBACK di bulan NOVEMBER,” tulisnya dalam keterangan foto pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Seolah kabar tersebut benar akan terjadi, pengunggah pun berharap jika TikTok Shop kembali beroperasi akan ada banyak promo.

Baca Juga:Indonesia vs Brunei Siap Tempur 12 Oktober 2023, Cek Jadwalnya!Kapan One Piece Exhibition Jakarta? Ini Jadwal dan Harga Tiketnya!

Df 1010 syopi apes ga dapet apa2 semoga bulan depan tiktokshop banyak promo amiinnn,” tuturnya.

Sontak saja unggahan tersebut menuai beragam reaksi dari warganet, hingga telah dilihat lebih dari 240.000 kali, disukai lebih dari 1.600 pengguna, dan diunggah ulang oleh lebih dari 170 warganet.

Kebenaran TikTok Shop Buka Kembali

Meski kabar TikTok Shop buka kembali diharapkan oleh para penjual, namun rupanya belum ada keterangan resmi dari TikTok Shop mengenai hal tersebut.

TikTok terakhir memberikan pengumuman tentang penutupan TikTok Shop pada tanggal 4 Oktober 2023 lalu. Begitu juga dari pemerintah.

Pemerintah pun belum mengatakan bahwa TikTok Shop akan kembali dibuka pada tanggal 10 November 2023 mendatang. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, hanya mengatakan bahwa bisa kembali buka jika sudah memenuhi syarat pembukaan e-commerce di Indonesia.

“Mereka bisa bikin TikTok Shop lagi di sini, tapi mereka harus membentuk badan hukum di sini, mengajukan izin lisensinya dan harus mengikuti Permendag 31/2023,” ucap Teten 5 Oktober 2023 lalu.

Senada, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sebelumnya memastikan TikTok hingga saat ini belum mengurus izin sebagai e-commerce.

Baca Juga:BMKG: Ini Jadwal Musim Hujan 2023 untuk Wilayah Pulau JawaCuaca Panas! Ini Rekomendasi AC Portable Harga Murah Kualitas Jempolan

Dia menuturkan, pemerintah tidak melarang TikTok untuk membuka usaha bisnis dalam bidang jual-beli di Indonesia.

Hanya saja, pemerintah ingin mengatur tatanan transaksinya dengan memisahkan TikTok sebagai media sosial dan TikTok sebagai e-commerce atau TikTok Shop.

0 Komentar