BMKG: Ini Jadwal Musim Hujan 2023 untuk Wilayah Pulau Jawa

Jadwal Musim Hujan 2023 untuk wilayah pulau Jawa (Ilustrasi: Pixabay)
Jadwal Musim Hujan 2023 untuk wilayah pulau Jawa (Ilustrasi: Pixabay)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geologi (BMKG) memperkirakan musim hujan wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Tangerang akan dimulai pada Oktober 2023 dan mencapai puncak pada Januari 2024. Berikut jadwal musim hujan 2023 untuk wilayah Pulau Jawa.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menjelaskan awal musim hujan berkaitan peralihan angin timuran dari arah Australia atau disebut monsoon Australia menjadi angin baratan atau monsoon Asia atau angin yang berasal dari arah benua Asia.

Berdasarkan Analisis Iklim BMKG khusus di Pulau Jawa akan terjadi mulai Oktober 2023. Adapun untuk intensitas hujan, sebagian besar atau 146 ZOM di Jawa mengalami musim hujan Normal, 33 ZOM diprakirakan mengalami sifat Bawah Normal, dan 14 ZOM di atas Normal.

Baca Juga:Cuaca Panas! Ini Rekomendasi AC Portable Harga Murah Kualitas JempolanDaftar Harga Honda Scoopy Oktober 2023, Makin Stylish dan Keren!

BKMG memperkirakan puncak musim hujan di pulau Jawa terjadi mulai Desember 2023 hingga Februari 2024, rinciannya sebanyak enam ZOM pada bulan Desember 2023, sebanyak 33 ZOM pada Januari 2024, sebanyak 149 ZOM pada bulan Februari 2024 dan lima ZOM pada bulan Maret 2024.

Baca Juga: Cuaca Panas! Ini Rekomendasi AC Portable Harga Murah Kualitas Jempolan

Jadwal Musim Hujan 2023 untuk Wilayah Pulau Jawa

Oktober Dasarian III

Wilayah Bogor yang masuk musim hujan di sepuluh hari ketiga Oktober masuk dalam ZOM Jawa Barat 23, yakni sebagian kecil Bogor bagian barat.

Puncak musim hujan di wilayah ini diprediksi baru terjadi pada Februari 2024. Namun, panjang musimnya lebih pendek dari tiga dasarian biasanya, dengan musim hujan diprediksi terjadi selama 22 dasarian.

November Dasarian I

Wilayah Bogor yang masuk musim hujan di sepuluh hari pertama November yakni sebagian kecil Bogor bagian utara dan sebagian Bogor bagian timur, sebagian kecil Kota Depok bagian selatan.

Puncak musim hujan di wilayah ini diprediksi baru terjadi pada Februari 2024. Namun, panjang musimnya lebih pendek dari tiga dasarian biasanya, dengan musim hujan diprediksi terjadi selama 23 dasarian.

Baca Juga: Begini Cara Menghubungkan Smartwatch ke Smartphone

November Dasarian II

Wilayah Tangerang yang masuk musim hujan di sepuluh hari kedua November yakni;

ZOM Banten-DKI 11

Baca Juga:Perang Saudara! Yamaha XMAX 160 Jadi Pesaing NMAX 1555 Sneakers Terbaik yang Cocok untuk Kerja, Tampil Stylish dan Profesional

+ Kota Tangerang (Balaraja, Cikupa, Cisoka, Jambe, Jayanti, Legok, Panongan, Sindangraja bagian selatan, Solear, Tigaraksa).

0 Komentar