Mengenal Senjata Khas Jawa Barat, Lengkap dengan Fungsinya

Mengenal Senjata Khas Jawa Barat, Lengkap dengan Fungsinya
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Setiap daerah memiliki ciri khas baik berupa baju adat, rumah adat, hingga senjata khas masing-masing.

Senjata khas Jawa Barat ini digunakan tidak hanya untuk berlindung dari serangan musuh, tetapi juga untuk berladang dan berburu.

Senjata khas Jawa Barat memiliki jenis dan keunikan masing-masing. Berikut ini senjata adat khas jawa barat.

Baca Juga:Oleh-oleh Khas Cianjur, Jawa Barat Lezat dan Tahan LamaResep Membuat Geco Makanan Khas Cianjur

BACA JUGA: Oleh-oleh Khas Cianjur, Jawa Barat Lezat dan Tahan Lama

1. Kujang

Kujang menjadi senjata khas yang cukup populer di Tanah Sunda. Alat pertanian ini unik sebab memiliki bentuk mirip peta Jawa Barat, namun dengan dua ujung yang tajam dan lancip. Ciri khas lainnya yakni terdapat lubang di bagian punggungnya.

Dilansir dari Warisan Budaya Takbenda Kemdikbud, senjata ini digunakan untuk menebas tanaman perdu yang tumbuh pada lahan yang akan ditanami padi atau untuk menyiangi rumput. Kini, kujang sering digunakan sebagai aksesoris pajangan dinding oleh masyarakat Sunda.

2. Gacok

Bagi masyarakat Sunda, gacok punya fungsi untuk mencangkul tanah. Namun kemudian masyarakat mulai mengunakan gacok untuk memangkas rumput atau mengumpulkan jerami. Senjata tradisional ini mulai langka ditemukan dan alih fungsi menjadi hiasan dinding.

BACA JUGA: Pemkab Menyediakan Rumah Kemasan untuk Pelaku UMKM Cianjur

3. Arit

Kita tentu sering mendengar senjata tradisional yang satu ini. Arit sudah menyebar dan tidak hanya digunakan oleh warga Jawa Barat saja. Pertanian masih menjadi fungsi utama dalam senjata ini, yakni memangkas rerumputan atau mengambil pakan ternak.

4. Balincong

Balincong memiliki ciri khas bentuk yang menyerupai kapak. Salah satu ujungnya lancip, dan ujung lainnya berujung pipih. Meski bentuknya menyerupai kapak, namun senjata ini punya dua mata yang tajam dan lebih tipis. Balincong punya fungsi sebagai alat pemecah batu dan penggali tanah.

BACA JUGA: Twibbon Hari Jadi Cianjur ke 346, Yuk Bagikan di Medsos

Baca Juga:Rekomendasi Ucapan Selamat Hari Jadi Kabupaten Cianjur 346Twibbon Hari Jadi Cianjur ke 346, Yuk Bagikan di Medsos

5. Baliung

Baliung adalah senjata adat yang lebih memiliki kemiripan dengan kapak, namun lebih tebal. Karena alat ini cukup besar dan berat, baliung dapat digunakan untuk menebang pohon atau membelah kayu dengan daya tekan yang kuat

0 Komentar