Pemkab Menyediakan Rumah Kemasan untuk Pelaku UMKM Cianjur

Pemkab Menyediakan Rumah Kemasan untuk Pelaku UMKM Cianjur
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Pelaku UMKM Kabupaten Cianjur berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) segera memberikan bantuan rumah kemasan, hal ini karena pemasaran produk selalu tidak terkendali karena kemasan yang kurang menarik.

Lutfi (28) pelaku UMKM, menjelaskan jika selama ini produknya hanya dikemas dengan bahan seadanya, ia juga mengatakan, di Cianjur bahkan belum ada rumah kemasan yang bisa memproduksi kemasan produk terutama makanan.

BACA JUGA: Bupati Cianjur Sebut Mengatasi IPM tidak Bisa Instan, Butuh Proses dan Waktu

Baca Juga:Kunker ke Bandung, Presiden Jokowi Ngopi di Park CikutraRidwan Kamil: Tol Cisumdawu Jadi Pintu Baru ke Kawasan Rebana

Rumah Kemasan UMKM

“Sebagai pelaku UMKM hal yang paling penting adalah kemasan, kemasan ini menjadi nilai jual dalam produk. Akan tetapi saat ini belum ada tempat khusus desain dan cetak kemasan si Cianjur. Kalau mau juga harus ke luar kota dengan harga yang sangat beragam, selain itu pasti ada juga ongkos kirim barang yang memang bisa langsung ke rumah dan menambah operasional,” ucap dia.

Menurutnya untuk bisa masuk dan memasarkan produk ke toko swalayan, kemasan produk menjadi salah satu syarat yang penting. Oleh karena itu, dia berharap Pemkab bisa memfasilitasi dengan membuat rumah kemasan untuk para pelaku UMKM.

“Tidak masuk toko swalayan juga kemasan jadi gak penting. Selain menarik juga bisa lebih steril makanan dibandingkan menggunakan kemasan dari plastik. Diharapkan ada rumah kemasan agar pelaku UMKM bisa mencetak atau membuat kemasan yang difasilitasi pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan membuat rumah kemasan untuk memfasilitasi para pelaku UMKM.

Bahkan dalam jangka waktu yang dekat dekat, Pemkab melalui Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian sudah menyiapkan lima alat pencetak kemasan yang akan disebar ke sejumlah wilayah.

“Untuk wilayah utama sebenarnya sudah ada, di PLUT. Tapi untuk menjangkau seluruh wilayah nanti akan disiapkan beberapa alat yang disebar ke beberapa wilayah. Untuk ke depannya kita akan membuat rumah kemasan,” ucapnya.

0 Komentar