Mengenal Jenis Baju Adat Khas Cianjur, Unik dan Khas

Mengenal Jenis Baju Adat Khas Cianjur, Unik dan Khas
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Indonesia memiliki tiga puluh empat pakaian adat dengan desain yang khas dan bahan yang premium. Jumlah baju adat ini sama seperti jumlah provinsi Indonesia yaitu 34.

Dari puluhan jumlah provinsi, baju adat tentu di miliki oleh setiap daerah yang terdiri dari banyak sekali suku, adat istiadat dan kebudayaan yang beragam.

Hal ini di lihat dari Baju Adat Cianjur karya Abdurachman dkk tahun 1995, baju adat tradisional merupakan salah satu unsur kebudayaan yang memiliki faktor dan fungsi yang sangat cocok dengan pesan kultur.

Baca Juga:Pemkab Menyediakan Rumah Kemasan untuk Pelaku UMKM CianjurKunker ke Bandung, Presiden Jokowi Ngopi di Park Cikutra

Baju adat daerah Cianjur sampai saat ini masih sangat di pertahankan secara turun temurun, bahkan setiap adat dan istiadat yang berbeda, prilaku dan baju adat. bahkan tiap tiap wilayah di Indonesia pasti memiliki adat dan istiadat yang beragam dan berbeda tergantung dengan prilaku dan kebiasaan sehari hari masyarakatnya.

Bahkan bukan hanya Cianjur, setiap negara pasti mempunyai baju adat dan kebudayaan yang beragam. Baju adat Cianjur semuanya mewakili kategori pribadi mereka. Karena pakaian adat merupakan pakaian yang di jadikan sebagai ciri khas dan karakteristik khas dari masyarakat tempat tertentu.

Setiap baju adat Cianjur terdiri dari komponen lengkap seperti atasan, bawahan dan lainnya. Atasan merupakan bagian inti yang selalu ada seperti pakaian dengan lengan panjang, pakaian tertutup, kebaya dengan perpaduan motif yang cocok dan khas di daerahnya.

BACA JUGA: Mengenal Sejarah Kuda Kosong, Warisan Leluhur Khas Hari Jadi Cianjur

 Baju Adat Cianjur

Bawahan

Bawahan yang merupakan pasangan dari atas yang menjadi komponen penting ke dua. Modelan bervariasi seperti celana, rok dengan bahan dan model yang berbeda.

Penutup Kepala

Berikutnya, penutup kepala di sini seperti mahkota, ikat kepala, blangkon, kopiah dan lainnya. Bahkan bentuknya berbeda antara pria dan wanita.

Kain Selempang

Kain selempang merupakan aksesoris yang berupa selendang panjang dan diletakkan di sisi bahu pria atau wanita. Biasanya selempang itu terbuat dari batik, songket dan lainnya, ikat pinggang.

0 Komentar