Asal Usul Nama Kota Cianjur, Sejarah Zaman Kerajaan Sunda

Asal Usul dari Nama Kota Cianjur, Sejarah Jaman Kerajaan Sunda
Asal Usul dari Nama Kota Cianjur, Sejarah Jaman Kerajaan Sunda
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Cianjur merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota ini memiliki luas sekitar 350.148 hektar.

Mengenal Jenis Baju Adat Khas Cianjur, Unik dan Khas

Asal Usul Nama Kota Cianjur

Asal ususl nama kota ini berasal dari kata “Ciandeyur”, yang merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Sunda. Yaitu “Ci” yang berarti air dan “andeyur” yang berarti sumber. Sehingga kabupaten ini bisa diartikan sebagai tempat di mana sumber air berasal.

Mengenal Sejarah Kuda Kosong, Warisan Leluhur Khas Hari Jadi Cianjur

Pada saat itu, kota ini termasuk ke dalam wilayah Kerajaan Sunda yang dipimpin oleh Prabu Surawisesa. Setelah Kerajaan Sunda itu runtuh pada abad ke-26, Cianjur berubah menjadi bagian dari Kesultanan Banten, hingga akhirnya ditaklukkan oleh Belanda pada abad ke-18.

Baca Juga:Sinopsis Marriage with Benefits Episode 10, Tayang di ViuSinopsis Marriage with Benefits Episode 9, Tayang di Viu

Pada masa penjajahan Belanda, kota santri ini merupakan wilayah yang sangat strategis karena terletak di jalur penghubung antara Batavia (kini Jakarta) dan Bandung.

Makanan Khas Cianjur yang Paling di Buru

Menurut legenda, Raden Djajasasana putra Aria Wangsa Goparana dari Talaga keturunan Sunan Talaga, dengan membawa 100 cacah (rakyat) ditugaskan untuk membuka wilayah baru yang bernama Cikundul.

Raden Djajasasana kemudian berhasil menahan serangan Banten dalam mempertahankan wilayahnya sehingga dia dianugerahi gelar panglima (Wira Tanu). Demikianlah informasi tentang asal usul nama Cianjur. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan tentang kota-kota di Jawa Barat.

0 Komentar