Gunung Sagara yang Belum Banyak Ketahui Oleh Pendaki!

Gunung Sagara
illustrasi : Media Asuransi
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Gunung Sagara Garut tepat berada  di wilayah timur Kabupaten Garut. Gunung yang masih bertetangga dengan Gunung Galunggung dan Talaga Bodas ini berada di perbatasan Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.

Gunung Sagara ini resmi dibuka untuk wisatawan pada Agustus 2019. Walaupun jalur pendakiannya sudah ada sejak dulu, namun sebelumnya tidak dikelola dan yang mengunjungi hanya warga lokal saja.

BUKA JUGA :

Similing Cinangka Camping Ground, Surga Tersembunyi di Cianjur Selatan!

Sebaliknya, tempat wisata Kawah Talaga Bodas yang ada di dekatnya ini sudah dikelola sejak dulu. Bahkan sudah memiliki fasilitas yang bagus, seperti jalan aspal untuk kendaraan langsung ke kawah dan beberapa bangunan untuk pengelola ataupun pengunjung.

Baca Juga:Smiling Cinangka Camping Ground, Surga Tersembunyi di Cianjur Selatan!Cek Harga Motor Listrik Uwinfly yang Sedang Tren!

Setelah dikelola, kini jalur pendakian gunung Sagara sudah tertata rapi. Terdapat penjaga untuk mengurus pendaki yang serta pendaki bisa parkir kendaraan di basecamp.

Rute Menuju Basecamp Gunung Sagara

Menggunakan bus:

Naik bus ke Terminal Garut
Naik angkot jurusan Kecamatan Cibatu
Turun di Pertigaan Sadang, Kecamatan Sucinaraja (Rp5 ribu)
Naik ojek ke basecamp Sagara (Rp25 ribu)

Menggunakan kereta:

Naik kereta menuju Stasiun Cibatu, Garut
Naik angkot jurusan Garut Kota
Turun di Pertigaan Sadang, Kecamatan Sucinaraja (Rp8 ribu)
Naik ojek ke basecamp Sagara (Rp25 ribu)

Menggunakan kendaraan pribadi:

Menuju Kota Garut
Lalu Pertigaan Sadang, Kecamatan Sucinaraja
Lanjut ke basecamp Sagara

Harga Tiket

Tiket Simaksi Rp10.000/Orang
Parkir Motor Rp5.000/Orang
Tiket Parkir Mobil Rp10.000/Orang

Rute Menuju Gunung Sagara

Terdapat dua opsi jalur pendakian yang bisa menjadi pilihan. Pertama Jalur Tajur di Tajur Kidul menawarkan rintangan yang akan menantang pendaki berpengalaman, sementara Jalur Sagara adalah jalur baru dengan waktu tempuh lebih pendek.

Jalur Tajur

Jalur Tajur adalah jalur pendakian yang sudah lama ada untuk menuju Puncak Sagara. Basecamp-nya sendiri berada di kawasan Tajur Kidul. Terdapat 4 pos termasuk area camp sebelum mencapai puncak.

Baca Juga:Harga Motor Listrik Dewasa yang Tampil Trendy!Korban Asusila Berpotensi jadi Penjahat Pedofilia

Waktu pendakian melalui jalur ini kurang-lebih 5 jam perjalanan. Sebagai jalur pendahulu, levelnya bisa terbilang sedang dan sulit. Meski begitu, pendaki masih bisa menjumpai warung di Pos 1 dan Pos 2. Jalannya cukup lebar dan berupa tanah padat yang berisi akar pohon.

0 Komentar