Gunung Sagara yang Belum Banyak Ketahui Oleh Pendaki!

Gunung Sagara
illustrasi : Media Asuransi
0 Komentar

Awal pendakian melewati area perkebunan. Memasuki Pos 1 hingga Pos 2, jalur mulai dihiasi pepohonan di kanan dan kiri jalan. Pendaki baru benar-benar memasuki hutan saat melewati Pos 2. Hutannya tidak terlalu rapat namun medannya mulai menanjak secara konstan.

Jarak dari basecamp hingga ke Pos 1 lumayan memakan waktu karena jarak yang jauh. Tanjakan di jalur pendakian ini pun cukup panjang dan menguras tenaga. Tidak heran jika jalur ini lebih cocok bagi pendaki berpengalaman dan menyukai tantangan. Meski melelahkan, namun semuanya akan terbayar ketika melihat panorama dari puncaknya.

Jalur Sagara

Jarak menuju puncak ini cukup dekat dengan waktu tempuh paling lama 4 jam. Jadi bisa datang untuk berkemah maupun pulang-pergi. Berikut ini rute menuju puncak. Basecamp – Pos 1, melewati jalan setapak yang masih bisa dilalui oleh motor (2 jam) Pos 1 – Pos 2 – Pos 3 – Puncak, jalan berupa hutan dan menanjak (2 jam). Jangan khawatir tersesat, karena di sepanjang jalur pendakian sudah ada petunjuk jalannya.

Baca Juga:Smiling Cinangka Camping Ground, Surga Tersembunyi di Cianjur Selatan!Cek Harga Motor Listrik Uwinfly yang Sedang Tren!

Pesona Gunung Sagara

Pesona alamGunung Sagara Garut baru belakangan ini populer di kalangan pendaki terutama anak muda. Pemandangan Danau Talaga Bodas yang terlihat dari puncaknya jadi magnet kuat bagi para pecinta alam. Jika cuaca cerah, bisa melihat gunung tertinggi di Jawa Barat, yaitu gunung Ciremai di arah timur laut, dan juga bisa melihat pemandangan Kabupaten Tasik dan Majalengka.

Pemandangan matahari terbit ini biasanya diiringi oleh hamparan lautan awan. Pemandangan ini juga yang menjadi daya pikat bagi para pendaki. Karpet awan yang putih bersih dengan sempurna menutupi area lereng dan kaki gunung. Puncak-puncak gunung dan bukit di kejauhan menyembul dari balik gumpalan awan.

Fasilitas

Fasilitas di basecamp tersedia lengkap dan cukup memadai. Terdapat lahan parkir, toilet, warung, dan masjid kecil atau musala. Di Pos 1 kedua rute terdapat warung kecil untuk beristirahat dan membeli perbekalan.

Lokasi

Destinasi wisata gunung ini terletak di Desa Tenjonagara, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut. Basecampnya berada di Kampung Sagara dan Kampung Tajur. Berjarak sekitar 14 kilometer dari pusat Kota Garut. Rute yang bisa gunakan melalui Jalan Karangpawitan – Jalan Raya Wanaraja hingga pertigaan Sadang.

0 Komentar