Asal Mula Kue Nastar, Kue Primadona Saat Lebaran

Asal Mula Kue Nastar, Kue Primadona Saat Lebaran
Asal Mula Kue Nastar, Kue Primadona Saat Lebaran
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Asal Mula Kue Nastar, Kue Primadona Saat Lebaran

Saat lebaran akan kurang lengkap jika tidak menyajikan berbagai kue kering manis nan menggoda lidah kan.

Salah satu yang menjadi primadona di kalangan kue-kue lebaran itu adalah kue nastar, kue kering dari adonan tepung terigumentega, dan telur yang biasanya diisi dengan selai nanas.

Kue nastar menjadi kue yang sangat banyak digemari masyarakat dan wajib ada pada saat momen Lebaran. Kue ini biasa disajikan untuk menyambut tamu, maupun keluarga yang berkunjung ke rumah, bahkan menjadi ide untuk hampers lebaran.

Baca Juga:Pesona Masjid Cianjur yang Indah dan Unik, Wajib di Kunjungi!Cara Mudah Bikin Daging Jadi Empuk

Rasa manis dari adonan kue dan segarnya selai nanas berdansa didalam mulut, sehingga menjadikan nastar adalah kue yang wajib ada saat lebaran tiba.

Namun apakah kalian tahu nastar itu berasal dari mana? Nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu “Ananas/ nanas” dan “Taart/tart/pie” yang artinya kue tar nanas.

Kue yang digemari oleh orang Belanda dengan kue pai atau tar Eropa yang biasanya diisi dengan bluberi dan apel.

Karena di Indonesia, bluberi dan apel sangat sulit ditemukan kendati belum adanya infrastruktur swalayan pada zaman penjajahan Belanda, nanas dipilih sebagai buah penggantinya.

Nastar sendiri bentuknya lebih kecil dibanding pai atau tar Eropa pada umumnya. Hingga saat ini, tidak dijelaskan siapakah yang menciptakan nastar dan yang memiliki paten akan kue ini.

Bentuk kue ini bulat kecil dengan diameter sekitar 2cm. Selain bernetuk bulat, kue nastar ini juga sudah memliki berbagai macam bentuk seperti bentuk daun, labu, ketupat, gulung, dan bentuk landak.

Biasanya bagian atas nastar dihias dengan potongan kecil kismis, cengkih, atau parutan keju.

Baca Juga:PUPR Bergegas Perbaiki Jalan Untuk Pemudik!Membangun Karakter Anak Dengan Membaca Buku

Seiring berkembangnya zaman sekarang nastar bukan hanya di isi dengan selai nanas saja, ada selai buah lain, misalnya stroberi, cokelat, bluberi, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan kue lezat ini sangat mudah sudah banyak dijual di berbagai toko bahkan sampai e-commerce kesayangan Anda.

0 Komentar