Membangun Karakter Anak Dengan Membaca Buku

Membangun Karakter Anak Dengan Membaca Buku
Membangun Karakter Anak Dengan Membaca Buku
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Membangun Karakter Anak Dengan Membaca Buku

Membaca buku dapat membantu membentuk karakter anak karena dengan membaca dapat memperkenalkan anak pada berbagai nilai-nilai positif yang terkandung dalam bacaan tersebut, dapat menginspirasi mereka, dan memperluas pemahaman mereka tentang dunia luar.

Nilai positif yang dapat dipelajari anak melalui membaca adalah kerja keras, integritas, kejujuran, rasa hormat, keberanian, dan empati. Buku-buku juga dapat membantu anak mempelajari nilai-nilai seperti toleransi, kerjasama, keberagaman, dan penghargaan terhadap perbedaan.

Selain itu membaca dapat menginspirasi anak untuk mengejar impian mereka. Dengan membaca tentang tokoh-tokoh inspiratif, anak-anak dapat melihat contoh nyata tentang bagaimana seseorang dapat mencapai tujuan mereka melalui kerja keras dan tekad.

Baca Juga:ASN Cianjur Dilarang Mudik Lebaran?Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri

Berikut ini langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membangun karakter anak dari membaca buku:

1. Pilih buku yang tepat

Pilih buku yang sesuai dengan usia dan minat anak. Pastikan buku tersebut mengandung nilai-nilai positif dan cerita yang menarik untuk membantu anak menemukan kecintaan mereka pada membaca. Buku yang dipilih harus sesuai dengan minat atau ketertarikan anak pada sesuatu agar untuk selanjutnya akan menarik perhatiannya dan akan membaca buku kembali.

2. Baca bersama anak

Baca bersama anak dan diskusikan cerita dan nilai-nilai yang terkandung dalam buku tersebut. Implementasikan hal positif dari buku tersebut pada kehidupan sehari-hari.

3. Jadikan membaca sebagai kebiasaan

Jadikan membaca sebagai kebiasaan di rumah. Ajak anak membaca setiap hari dan berikan waktu yang cukup untuk membaca buku-buku yang menarik. Dengan memberikan anak jadwal untuk membaca buku juga dapat berpengaruh terhadap perkembangannya dan kegiatannya semakin beragam.

4. Beri contoh

Orangtua dapat memberikan contoh dengan membaca buku-buku yang baik dan menunjukkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam buku tersebut. Orangtua juga dapat mengajak anak membaca bersama dan membicarakan buku-buku yang mereka baca.

5. Pilih buku non-fiksi

Selain buku fiksi, pilih juga buku non-fiksi yang dapat membantu anak memperluas pemahaman mereka tentang dunia. Diskusikan topik-topik yang terkandung dalam buku dan ajak anak untuk bertanya dan berpikir kritis.

0 Komentar