Menko PMK Muhadjir Effendy: Rumah Korban Bencana Gempa Cianjur akan Diverifikasi

Menko PMK Muhadjir Effendy: Rumah Korban Bencana Gempa Cianjur akan Diverifikasi
Tampak bangunan yang ambruk akibat bencana gempa cianjur di sepanjang jalan alternatif Cugenang-Nagrak.(Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUR EKSPRES – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan, akan segera melakukan verifikasi terhadap rumah-rumah korban bencana gempa Cianjur di semua lokasi terdampak.

“Kita verifikasi semua rumah dan fasilitas umum. Kemudian akan segera kita lakukan rehabilitasi,” ujar dia usai meninjau korban bencana yang mengungsi di SDN Sukamaju 2, Gasol, Kecamatan Cugenang, Kamis (24/11/2022).

Menurut Muhadjir, jika tahap pendataan bisa cepat terlaksana, maka proses rehab pun bisa segera terealisasi.

Baca Juga:Presiden Jokowi Kembali Sambangi Korban Gempa Cianjur, Tekankan Distribusi Bantuan Harus Sudah Menjangkau Semua LokasiKedatangan Jokowi ke Cianjur Disambut Antusias Pengungsi di Posko Bantuan BIN RI

Terpisah, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, untuk penanganan bencana gempa bumi di Cianjur, Kemensos telah menggelontorkan 2.000 unit tenda.

Namun demikian, ia akui jika kebutuhan tenda di Cianjur masih sangat banyak. Saat ini dirinya tengah mencari pemasok tenda.

“Kita kehabisan tenda, jadi kita lagi coba untuk cari. Kemarin waktu (bencana) di Pasaman, 2.000 tenda itu clear (cukup). Disini kita sudah gelontorkan 2.000 lebih, masih kurang,” kata Risma.

Selain itu, bantuan pangan pun terus disalurkan selama masa tanggap bencana. Kemensos sampai harus memasok bahan pangan dari Jakarta, pasalnya stok pangan di pasar yang ada di Cianjur sudah tidak memadai.

“Kita tambah tiap hari. Kemarin (Rabu) kita bawa dari Jakarta, kemudian kita bagi-bagi. Pagi ini juga kita bagikan ke pangungsi yang mandiri,” ujar Risma.

Risma mengungkapkan, selama masyarakat masih mendirikan tenda-tenda mandiri atau terpisah dari posko, dirinya tidak menjamin pendistribusian bantuan bisa efektif.

“Karena sebagian korban tidak mau meninggalkan rumahnya karena masih ada barang-barangnya. Kita kan tidak bisa paksakan itu. Makanya kita juga salurkan bantuan di jalur-jalur menuju posko,” jelasnya.

Baca Juga:Pasca Gempa Bumi, Aktivitas Perdagangan Sejumlah Pasar di Cianjur Turun 60 PersenKecamatan Terdampak Bencana Gempa Bumi di Cianjur Bertambah Menjadi 15

Kemensos, kata dia, telah menyediakan 14 posko diantaranya di Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang, Pendopo Kabupaten Cianjur, Desa Sukamanah, Desa Gasol, Desa Cibeureum dan Desa Sarampat Kecamatan Cugenang, Kecamatan Pacet, Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah, di kantor Dinsos Kabupaten Cianjur, Desa Cintaasih Kecamatan Gekbrong, RSUD Cimacan, Desa Rancagoong Kecamatan Cilaku, Gedung Balerancage dan RSUD Sayang Cianjur.

0 Komentar