Kementan Sebar 50 Ribu Bibit Tanaman Hias ke Petani

Kementan Sebar 50 Ribu Bibit Tanaman Hias ke Petani
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Kementerian Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Hias Cianjur menyebar 50 ribu bibit tanaman hias. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan produksi tanaman hias untuk target ekspor ke negara subtropis, terutama di Eropa.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan puluhan ribu bibit tanaman hias tersebut akan diberikan pada petani dan pembudidaya tanaman hias.

“Dari 50 ribu bibit yang dihasilkan ini disebar dan dapat menghasilkan 1 juta tanaman hias,” ujar Yasin Limpo saat ditemui di Balithi Cianjur, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga:Soal Pembangunan Jalur Puncak II, Pemprov Jabar dan Pemkab Cianjur Menunggu Kabar PusatMentan Siap Back Up BUMD Pertanian Milik Pemkab Cianjur

Menurutnya tanaman hias tersebut akan diekspor ke berbagai negara subtropis, terutama Eropa. Sebab tanaman hias dari negara tropis, terlebih Indonesia memiliki daya tarik lebih, dari segi keindahan.

“Kita memiliki sumber daya alam yang bagus, sehingga kita menghasilkan bunga atau kembang tropis yang sangat indah bahkan diminati dunia,” kata dia.

“Dan di masa COVID-19 ini, permintaan banyak, terutama dari orang yang berada yang sedang isolasi dirumah-rumah. Makanya kita genjot ekspor,” tambah dia.

Dia menambahkan, Kementerian Pertanian akan memaksimalkan potensi ini besar dari tanaman hias untuk ekspor. Balithi pun didorong untuk melakukan pengembangan ke depannya.

“Tidak hanya pengembangan dari jenis tanaman hias, Kementan bersama dengan anak muda di bidang starup dan eksportir muda terus bekerjasama mengoptimalkan pasar ekspor untuk tanaman hias ini,” katanya.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan Kabupaten Cianjur memiliki potensi besar untuk pengembangan tanaman hias, salah satunya bunga krisan.

Melalui dukungan kementerian pertanian, lanjut Herman, diharapkan dapat memaksimalkan potensi tersebut.

Baca Juga:Waduh, Dua Pemuda Bojongpicung Dianiaya Secara Membabi ButaSatu Keluarga Bisnis Sabu, Anak Disuplai Ibu Kandung

“Kita (Cianjur) punya potensi besar untuk tanaman hias. Bunga krisan kita jadi langganan ekspor. Semoga bisa didukung lebih untuk memaksimalkan potensi tersebut,” kata dia.(mg1/hyt)

0 Komentar