Rumah Singgah Cipanas Masih Temukan Tumpukan Sampah yang Dibuang Sembarangan

Rumah Singgah Cipanas Masih Temukan Tumpukan Sampah yang Dibuang Sembarangan
Sejumlah petugas sampah tengah memilah sampah sebelum diangkut dalam kendaraan untuk dibuang di tempat pembuangan akhir sampah Pasir Sembung.(Ayi Sopiandi/cianjur ekspres)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Koordinator Rumah Singgah Cipanas, Dede Ikhsan mengatakan, kondisi Cipanas dalam pengendalian sampah saat ini memang cukup aman dan terkendali. Akan tetapi fakta di lapangan masih menemukan tumpukan sampah di jalur-jalur protokol.
“Untuk pengendalian sampah jalur protokol Cipanas, Pacet dan sekitarnya memang terkendali. Akan tetapi, saya masih saja menemukan tumpukan sampah yang di buang sembarangan tempat,” kata Dede Ikhsan, Kamis (5/11).
Dede Ikhsan atau biasa disapa Ading itu mengatakan, pihaknya mengendalikan sampah di jalur protokol Kecamatan Pacet, dan Cipanas ini dilakukan dengan cara swadaya namun tetap bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur.
“Kami dari Rumah Singgah Cipanas ini memang terus bergerak untuk mengendalikan sampah-sampah yang ada di jalur protokol. Pengangkutan tetap menggunakan armada dari Dinas Lingkungan Hidup,” ungkapnya.
Baca Juga: Sampah di Kawasan Cipanas Perlu Penanganan
Ading berharap, sampah-sampah yang ditangani terlebih dahulu akan di pilah mana sampah organik dan non organik bertempat di Rumah Singgah Cipanas atau di Lembah Koi.
“Sebelum diangkut, sampah-sampah yang sudah di angkut di jalur protokol maka terlebih dahulu untuk di pilah lalu nantinya akan diangkat ke TPA Pasirsembung,” katanya.
Ading berharap, warga atau siapapun itu untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. Terlebih saat ini cuaca mulai musim hujan sehingga dikhawatirkan sampah yang dibuang sembarangan itu akan menyumbat aliran air sehingga menyebabkan terjadinya bencana banjir.
“Cipanas sekarang ini jika hujan turun maka tidak lama kemudian air hujan itu akan meluap ke permukaan Jalan atau rumah-rumah pemukiman, jadi ayo kita jaga lingkungan kita dengan cara menjaga lingkungan masing-masing dengan tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.(yis/sri)

0 Komentar