Petugas Gabungan Datangi Sebuah Klinik di Limbangansari Cianjur, Ada Apa?

Klinik
Petugas gabungan dari Dinas Kesehatan, Satpol PP dan beberapa instansi lain mendatangi Klinik Nova milik dr Mohammad Wahyu, Jalan Pangeran Hidayatulah, Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur.(Riekzan RA/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Petugas gabungan dari Dinas Kesehatan, Satpol PP dan beberapa instansi lain mendatangi Klinik Nova milik dr Mohammad Wahyu, Jalan Pangeran Hidayatulah, Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur, Selasa 10 September 2024.

Supervisor Klinik Nova, Rima Siti Nurfadilah mengatakan, beberapa instansi tersebut berkunjung tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya. Hal itu, membuat operasional klinik sempat terhenti selama dua jam.

“Tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Kami sangat terganggu, operasional terhenti selama dua jam, padahal banyak pasien yang datang,” kata Rima.

Baca Juga:Sekda Herman Suryatman Tinjau Uji Coba Program Makan Siang Bergizi Siswa SD di Sumedang PON XXI/2024 Aceh-Sumut, Pekik Jabar Hattrick Menggelegar di Bendungan Keuliling  

Dia menyebutkan, beberapa instansi juga pernah melakukan pemeriksaan baik legalitas hingga fasilitas ada pada Agustus 2024 lalu.

“Hanya pemeriksaan legalitas dan pengelolaan limbah B3, dan kita sudah sesuai,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinkes Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengatakan, jika pihaknya melakukan monitoring pada klinik mendampingi Satpol PP.

“Kita diminta mendampingi untuk pengawasan Satpol PP. Kami sendiri pada Agustus lalu sudah melakukan pembinaan dan pengawasan. Hasilnya sudah dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya menemukan adanya pelanggaran soal pengelolaan limbah medis yang belum sesuai dengan standar.

“Masalah limbah medis ini kan ada ketentuan hukumnya, Makanya kita pembinaan, apabila belum sesuai harusnya ditindaklanjuti. Kalau tidak, khawatir yang bertindak itu aparat penegak hukum (APH),” katanya.

Dalam beberapa bulan terakhir, pihaknya sendiri telah melakukan pemeriksaan pada kurang lebih 13 klinik di Kecamatan Cianjur.

Baca Juga:Bey Machmudin Jenguk Atlet Terjun Payung Yazella Agustin, Mengalami Kecelakaan saat Latihan Shin Tae-yong Sebut Laga Melawan Australia Tak Mudah 

“Dua klinik rawat jalan akhirnya ditutup. Sementara di Klinik Nova itu baru peringatan pertama,” jelasnya.(Rikzan RA)

0 Komentar