6 Minuman Penghancur Batu Ginjal, Sangat Aman dan Efektif

6 Minuman Penghancur Batu Ginjal, Sangat Aman dan Efektif
6 Minuman Penghancur Batu Ginjal
0 Komentar

CIANJUREKSPRESBatu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk di ginjal. Mereka dapat terbentuk ketika zat dalam urin, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat, mengkristal dan menempel satu sama lain. 

Batu ginjal dapat seukuran butiran pasir atau sebesar bola golf. 

Gejala batu ginjal seperti nyeri hebat di punggung bagian bawah atau samping, yang dapat menjalar ke perut atau pangkal paha, mual dan muntah, kesulitan buang air kecil, sering buang air kecil, urin berwarna merah muda, merah, atau coklat hingga nyeri saat buang air kecil.

Baca Juga:5 Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Suasana Hati pada Penderita DepresiInilah 7 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Naik

Ada sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal, antara lain, dehidrasi, riwayat keluarga batu ginjal, diet tinggi oksalat garam, atau protein hewani, kegemukan, diabetes, obstruksi saluran kemih, infeksi saluran kemih, hingga penggunaan obat-obatan tertentu, seperti diuretik dan antasida

Ada beberapa minuman yang dapat membantu meluruhkan batu ginjal:

1. Air putih

Minum air putih adalah cara terbaik untuk mencegah dan meluruhkan batu ginjal. Air putih membantu membuang racun dan zat sisa metabolisme yang dapat membentuk batu ginjal.

Untuk itu minumlah air putih minimal 8 gelas per hari, atau lebih banyak jika Anda berkeringat banyak atau berolahraga.

2. Jus lemon

Jus lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu melarutkan batu ginjal. Minumlah jus lemon segar yang dicampur dengan air putih setiap hari.

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat membantu melarutkan batu ginjal. Campurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel dengan air putih dan minumlah setiap hari.

4. Jus basil

Jus basil mengandung kalium yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Minumlah jus basil segar setiap hari.

5. Jus seledri

Jus seledri mengandung apigenin, senyawa yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Minumlah jus seledri segar setiap hari.

6. Jus delima

Baca Juga:Ketahui, 4 Jus Buah untuk Menurunkan Kadar Asam Urat Tinggi dalam Darah5 Jenis Kopi Hitam dari Berbagai Dunia yang Memiliki Rasa Khas dan Lezat

Jus delima mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Minumlah jus delima segar setiap hari. 

Itulah beberapa minuman penghancur batu ginjal yang sangat aman dan efektif

0 Komentar