Inilah 7 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Naik

Inilah 7 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Naik
7 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Ada beberapa jenis buah yang harus di hindari oleh penderita diabetes karena kandungan yang ada di dalam buah tersebut.

Meskipun buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk kesehatan, beberapa jenis buah mengandung gula alami yang tinggi. Mengkonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Apa Saja Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes?

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah (glukosa) dalam aliran darah. Glukosa berasal dari makanan yang kita konsumsi dan merupakan sumber energi utama bagi tubuh. 

Baca Juga:Ketahui, 4 Jus Buah untuk Menurunkan Kadar Asam Urat Tinggi dalam Darah5 Jenis Kopi Hitam dari Berbagai Dunia yang Memiliki Rasa Khas dan Lezat

Namun, pada penderita diabetes, tubuh tidak dapat menggunakan glukosa secara efektif karena kekurangan hormon insulin atau ketidakmampuan sel-sel tubuh untuk merespon insulin dengan baik.

Ada dua jenis diabetes:

Diabetes tipe 1 yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan merusak sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Ini biasanya terjadi pada usia muda dan memerlukan suntikan insulin seumur hidup untuk mengontrol kadar gula darah.

Sementara, diabetes tipe 2 Merupakan jenis diabetes yang paling umum, terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau sel-sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin.

Faktor risiko diabetes tipe 2 termasuk kelebihan berat badan, kurang olahraga, riwayat keluarga, dan usia.

1. Kurma

Kurma adalah buah yang sering dikonsumsi, terutama saat bulan Ramadan. Namun, penderita diabetes mungkin bertanya-tanya apakah kurma aman untuk mereka konsumsi.

Kurma kaya akan serat dan vitamin, tetapi juga mengandung gula alami yang tinggi. Mengkonsumsi kurma dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan gula darah secara signifikan.

2. Nanas

Nanas adalah buah tropis yang populer dan menyegarkan. Namun, bagi penderita diabetes, nanas bisa menjadi makanan yang perlu dikonsumsi dengan hati-hati.

Baca Juga:Sinopsis Film Lady Bloodfight yang Tayang di Bioskop Trans TV Malam Ini10 Rekomendasi Parfum Bayi yang Segar dan Tahan Lama

Nanas memiliki rasa manis dan mengandung gula alami yang tinggi. Meskipun kaya akan vitamin C dan antioksidan, penderita diabetes perlu membatasi konsumsi nanas.

Nanas memiliki indeks glikemik (IG) tinggi, sekitar 66. IG adalah ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah.

Untuk itu, konsumsilah nanas dalam jumlah moderat, sekitar 1-2 potong kecil per hari.

0 Komentar