Dampak Banjir Bandang di Ciranjang dan Haurwangi Cianjur, 18 KK Harus Mengungsi

Dampak Banjir Bandang di Ciranjang dan Haurwangi Cianjur, 18 KK Harus Mengungsi
0 Komentar

CIANJUR,cianjur ekspres – Akibat banjir bandang yang melanda wilayah Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi, Kabupaten Cianjur pada Kamis (4/1/2024), puluhan jiwa dari 18 KK dikabarkan harus mengungsi.

Camat Ciranjang, Ejen Jenal Mutakin, menyebutkan, setidaknya ada 15 KK yang berada di tiga kampung di Desa Karangwangi harus diungsikan karena rumahnya terdampak akibat luapan Sungai Cibodas.

“15 KK harus mengungsi itu ada di Kampung Pasar Gadung 2 dan 3, juga di Kampung Babakan Turuy. Semuanya mengungsi ke rumah tetangga atau kerabatnya. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” kata Ejen, Kamis malam.

Baca Juga:Sungai Cibodas Cianjur Meluap, Rendam Rumah Warga di Tiga KecamatanPasca Dilantik, Anggota KPU Cianjur Fokus Rekrutmen KPPS dan Logistik

Selain berdampak pada pemukiman warga, banjir juga disebut merusak sejumlah petak sawah yang ada di sekitar Sungai Cibodas.

“Sementara untuk sawah yang rusak dan terancam gagal panen diperkirakan seluas 10 hektar. Lalu ada satu sekolah juga yang terendam kurang lebih 30 sentimeter,” ujar Ejen, Kamis (4/1/2024) malam.

Kata Ejen, banjir bandang yang terjadi pada pukul 16.00 WIB tersebut baru surut pukul 22.00 WIB.

“Kondisinya banjir mulai surut pada pukul 22.00 WIB. Dari keterangan warga, banjir tahunan memang kerap terjadi jika hujan deras terjadi cukup lama,” kata dia.

Sementara Camat Haurwangi M Fatah Rizal mengungkapkan, jika di wilayah terdapat tiga KK dengan jumlah 11 jiwa harus mengungsi.

“Sementara 11 jiwa itu harus mengungsi karena harus membersihkan rumahnya dulu dari sisa-sisa banjir bandang. Kondisi warga terdampak masih aman,” kata Rizal.

Sebelumnya diketahui hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Cianjur sejak siang hingga malam hari pada Kamis (4/1/2023) membuat aliran Sungai Cibodas meluap dan merendam rumah warga di tiga kecamatan yakni Kecamatan Ciranjang, Haurwangi, dan Bojongpicung.

Baca Juga:Disdikpora Cianjur Gandeng OPD Tangani BullyingPembangunan Huntap Relokasi Tahap III Korban Gempa Cianjur Sudah 94 Persen

Ali Nurdin (45) warga Kampung Pasirgadung, Desa Karangwangi, Kecamatan Ciranjang mengungkapkan akibat luapan Sungai Cibodas, banjir merendam ratusan rumah di kampungnya hingga ketinggian 1 meter.

“Hujan deras sejak pukul 14.00 WIB, baru sekitar pukul 16.00 WIB aliran Sungai Cibodas meluap. Awalnya air hanya 30 sentimeter, tapi terus naik sampai 1 meter atau setinggi pinggang orang dewasa,” ujar Ali.(zan)

0 Komentar