Sungai Cibodas Cianjur Meluap, Rendam Rumah Warga di Tiga Kecamatan

Sungai Cibodas Cianjur Meluap, Rendam Rumah Warga di Tiga Kecamatan
0 Komentar

CIANJUR, cianjurekspres – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Cianjur sejak siang hingga malam hari pada Kamis (4/1/2023) membuat aliran Sungai Cibodas meluap dan merendam rumah warga di tiga kecamatan yakni Kecamatan Ciranjang, Haurwangi, dan Bojongpicung.

Ali Nurdin (45) warga Kampung Pasirgadung, Desa Karangwangi, Kecamatan Ciranjang mengungkapkan akibat luapan Sungai Cibodas, banjir merendam ratusan rumah di kampungnya hingga ketinggian 1 meter.

“Hujan deras sejak pukul 14.00 WIB, baru sekitar pukul 16.00 WIB aliran Sungai Cibodas meluap. Awalnya air hanya 30 sentimeter, tapi terus naik sampai 1 meter atau setinggi pinggang orang dewasa,” ujar Ali.

Baca Juga:Pasca Dilantik, Anggota KPU Cianjur Fokus Rekrutmen KPPS dan LogistikDisdikpora Cianjur Gandeng OPD Tangani Bullying

Dia menyebut jika banjir yang terjadi kali ini merupakan yang terparah sejak 10 tahun terakhir. Meskipun sering kebanjiran pada saat musim hujan, tapi belum pernah mencapai ketinggian 30 sentimeter atau bahkan 1 meter.

“Ini (banjir) yang terparah. Dulu pernah separah ini tapi dulu, tahun 2014 lalu,” kata dia.

Akibat banjir, sebagian warga di kampung tersebut memilih untuk mengungsi sementara ke rumah-rumah tetangga dan kerabat yang aman dari banjir.

“Sebagian ada yang mengungsi di madrasah sampai banjirnya surut,” ujarnya.

Di sisi lain, Camat Haurwangi M Fatah Rizal mengungkapkan jika di wilayahnya terdapat dua desa yang terendam banjir yakni Desa Cipeuyeum dan Desa Mekarwangi.

“Ratusan rumah terendam, sebagian ada di Desa Cipeuyeum dan Desa Mekarwangi ketinggian sampai lutut orang dewasa. Kita juga mendapatkan informasi jika air meluap ke Jalan Nasional penghubung Cianjur – Bandung Barat. Kita sedang menuju lokasi,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi termasuk TNI-Polri untuk penanganan banjir tersebut.

Terpisah, Kepala pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asep Sukamana Wijaya membenarkan jika banjir merendam tiga kecamatan.

Baca Juga:Pembangunan Huntap Relokasi Tahap III Korban Gempa Cianjur Sudah 94 PersenTPA Pasir Sembung Cianjur Sudah Penuh, Kemana Buang Sampah?

“Banjir yang parah terjadi di Kecamatan Ciranjang. Karena ketinggiannya mencapai 1 meter,” kata Asep.

Selain merendam ratusan rumah warga, banjir yang terjadi akibat hujan deras tersebut juga menggenangi kurang lebih 100 hektar area persawahan.

“Ratusan rumah terendam, tapi detailnya belum bisa dipastikan, karena saat ini kita sedang pendataan di lokasi. Kalau sawah kira-kira 100 hektar terendam,” ungkapnya.

0 Komentar