Fakta Gempa di Sumedang Menggunjang di Penghujung 2023

Gempa di Sumedang
Gempa di Sumedang
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Gempa di Sumedang menjadi sebuah tanda tanya besar karena terjadi tanpa sebab yang pasti sehingga peneliti masih mencari asal sebabnya.

Badan Meteoroli, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencata sudah terjadi hingga tiga kali guncangan gempa susulan yang terjadi di sekitar daerah Sumedang hingga pukul 20.55 WIB malam.

Guncangan gempa pertama terjadi pada pukul 14.35 WIB dengan magnitudo 4,2 kemudiam disusul dengan gempa lagi pada 15.38 WIB sebesar magnitudo 3,4 dan gempa ketiga pada pukul 20.34 WIB sebesar magnitudo 4,8.

Baca Juga:Potret Suasana di Rumah Duka Rizal Ramli Mantan Menko Maritim7 Fakta Menarik Sosok Rizal Ramli Sosok Ekonom Kritis

Dari hasil penelitian beberapa ahli mengenai gempa di Sumedang ini terdapat beberapa fakta menarik yang menjadi perbincangan dan menjadi bahan penelitian selanjutnya.

Fakta Gempa di Sumedang

Gempa dirasakan di Sejumlah Wilayah

Dampak dari gempa di Sumedang ini dirasakan juga di wilayah Sumedang dengan skala intensitas III-IV MMI.

Gempa ini terasa hingga Lembang dengan skala intensitas III MMI.

Selain itu getaran gempa ini terasa hingga Kabupaten Subang dan Kota Bandung dengan skala intensitas II-III MMI.

Puluhan Rumah Rusak

Gempa yang terjadi hingga tiga kali berturut ini membuat dampak yang parah, dampak paling parah terbesar di beberapa wilayah seperti Babakan Hurip, Tegalsari, dan Cipameungpeuk.

Untuk daerah Tegalsari dan Cipameungpeuk berdampak rumah yang retak namun di Babakan Hurip ada 53 rumah yang rusak parah.

Dipicu oleh Sesar Aktif

Gempa di Sumedang ini dipicu oleh sesar aktif yang belum terpetakan sebelumnya, hal tersebut dikemukakan oleh kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

Titik gempa berada pada jauh sesar yang diketahui berada di sekitar Sumedang.

Baca Juga:Daftar Buah Unik di Dunia Pernah MenemukannyaBuah yang Baik Dikonsumsi pada Pagi Hari

Termasuk Gempa Bumi Dangkal

Para ahli dari BMKG mengemukakan dan menganalisa bahwa gempa di Sumedang termasuk gempa yang begitu dangkal karena memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike slip.

Gempa Berjumlah 3 Kali

Gempa ini mengguncang Sumedang sebanyak tiga kali dalam kurun waktu yang lumayan dekatyang mengakibatkan banyak dampak yang terjadi.

0 Komentar