5 Gempa Bumi Paling Dahsyat Yang Tercatat dalam Sejarah

5 Gempa Bumi Paling Dahsyat Yang Tercatat dalam Sejarah
5 Gempa Bumi Paling Dahsyat Yang Tercatat dalam Sejarah
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Gempa bumi dan tsunami merupakan bencana alam yang dapat menyebabkan kerusakan dan kehilangan nyawa yang sangat besar. Gempa bumi dapat terjadi di mana saja di dunia, tetapi wilayah yang terletak di sepanjang lempeng tektonik aktif lebih rentan terhadap gempa bumi.

Inilah 5 gempa bumi paling mematikan dan paling dahsyat yang tercatat dalam sejarah.

  • Gempa Bumi Valdivia 1960

Gempa Bumi Valdivia 1960 adalah gempa bumi terkuat yang pernah tercatat dalam sejarah, mencapai skala 9,5 magnitudo momen. Gempa bumi ini terjadi pada tanggal 22 Mei 1960 di lepas pantai Chili, dan menyebabkan kerusakan parah di Chili, Hawaii, Jepang, Filipina, dan bagian lain di dunia.

Baca Juga:5 Kreasi Lezat dari Udang yang Wajib diCoba , Bikin Nafsu Makan Meningkat10 Manfaat Luar Biasa Jus Jeruk untuk Kesehatan

Gempa bumi tersebut disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik Nazca di bawah lempeng Amerika Selatan. Gempa bumi ini melepaskan energi yang setara dengan 500 juta bom atom Hiroshima.

Gempa bumi Valdivia menyebabkan kerusakan parah di Chili, termasuk kota-kota Valdivia, Concepción, dan Talcahuano. Di Valdivia, sekitar 95% bangunan hancur. Di Concepción, sekitar 70% bangunan hancur. Dan di Talcahuano, sekitar 60% bangunan hancur.

  • Gempa Bumi Alaska 1964

Gempa Bumi Alaska 1964, juga dikenal sebagai gempa bumi Besar Alaska dan gempa Jumat Agung, terjadi pada pukul 17:36 AKST pada hari Jumat Agung, 27 Maret. Gempa ini berkekuatan 9,2 magnitudo momen, merupakan gempa bumi terkuat kedua sejak tahun 1900 setelah Gempa bumi Valdivia 1960 yang memiliki kekuatan 9,5.

Gempa bumi ini terjadi di lepas pantai selatan Alaska, di sepanjang Palung Alaska. Gempa bumi ini disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik Pasifik di bawah lempeng Amerika Utara. Gempa bumi ini melepaskan energi yang setara dengan 500 juta bom atom Hiroshima.

Gempa bumi ini menyebabkan kerusakan parah di Alaska, termasuk kota-kota Anchorage, Seward, dan Valdez. Di Anchorage, sekitar 40% bangunan hancur. Di Seward, sekitar 90% bangunan hancur. Dan di Valdez, sekitar 95% bangunan hancur.

  • Gempa Bumi dan Tsunami Samudera Hindia 2004

Gempa bumi dan tsunami Samudera Hindia 2004 adalah bencana alam paling mematikan di dunia sejak Gempa bumi Tangshan 1976. Gempa bumi ini berkekuatan 9,1 magnitudo dan menyebabkan tsunami besar yang melanda pantai Asia Tenggara. Gempa bumi ini diperkirakan menewaskan sekitar 227.898 orang.

0 Komentar