3 Makanan Sehat yang Bisa Dijadikan Sumber Karbohidrat

3 Makanan Sehat yang Bisa Dijadikan Sumber Karbohidrat
3 Makanan Sehat yang Bisa Dijadikan Sumber Karbohidrat
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Berikut ini akan diulas informasi lengkap terkait tiga makanan sehat yang bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat.

Untuk menjalani gaya hidup sehat, pilihan makanan juga memiliki peran yang sangat penting. Bagi kamu yang sedang mencari alternatif karbohidrat selain nasi, di bawah ini terdapat beberapa opsi yang lezat dan bernutrisi.

Seperti yang diketahui, mencari pengganti nasi bukan hanya tentang variasi rasa, tetapi juga tentang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan cara yang berbeda.

Baca Juga:3 Minuman Sehat yang Bisa Membantu Turunkan Berat Badan3 Drakor Slice of Life, Ceritanya Relateable dan Seru!

Yuk, simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui apa saja tiga makanan sehat yang bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat.

Makanan Sehat Sumber Karbohidrat

1. Kinoa

Kinoa atau quinoa adalah makanan sehat berupa butir biji yang telah menjadi salah satu makanan populer karena memiliki profil nutrisi yang kaya.

Sebagai salah satu sumber karbohidrat kompleks, kinoa bukan hanya mampu memberikan energi yang lama, tetapi juga kaya protein dan serat.

Keunggulan lain dari kinoa terletak pada kandungan nutrisinya yang lengkap. Salah satunya kandungan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Diketahui, kinoa mengandung zat besi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, magnesium untuk mendukung fungsi otot dan saraf, dan fosfor untuk pembentukan tulang yang sehat.

2. Kentang dan ubi jalar

Kentang juga merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang dapat diandalkan. Selain mampu menyediakan energi, kentang juga mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Ada ubi jalar yang dapat memberikan manfaat tambahan dengan menyediakan karbohidrat kompleks dan serat untuk pencernaan.

Baca Juga:3 Rekomendasi Drakor tentang Lika-liku Dunia Kerja3 Busana Pengantin BCL, Kebaya Klasik hingga Gaun Modern!

Di samping itu semua, kandungan vitamin A, vitamin C, mangan, dan antioksidan dalam ubi jalar mampu menjaga kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, dan memberikan perlindungan terhadap radikal bebas.

3. Gandum Utuh

Sejumlah produk dari gandum utuh, di antaranya seperti roti gandum utuh, pasta gandum utuh, atau sereal gandum utuh, bisa dijadikan salah satu pilihan karbohidrat yang sehat dan bernutrisi.

Kandungan serat yang tinggi dalam gandum dapat menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Bukan hanya itu saja, gandum utuh juga mengandung vitamin B, mineral seperti selenium, magnesium, dan zat besi, serta antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

0 Komentar