Debat Cawapres 2024 Dihapus, Publik Kecewa: Padahal yang Ditunggu!

Debat cawapres 2024 dihapus (Sumber: Instagram KPU RI)
Debat cawapres 2024 dihapus
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru saja mengumumkan perubahan format debat presiden 2024 dengan tidak menyelenggarakan debat terpisah untuk calon wakil presiden.

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, menjelaskan bahwa kebijakan ini bertujuan untuk menunjukkan kerjasama antara presiden dan wakil presiden kepada publik.

Secara total, akan ada 5 sesi debat dalam waktu 150 menit, dengan 3 sesi untuk calon presiden dan 2 sesi untuk calon wakil presiden.

Baca Juga:Jadwal Debat Capres Pilpres 2024, Akan Bahas 5 Tema Ini!Journey to Annabelle: Aplikasi Horor Pertama Indonesia, Siap Dihantui?

“Lima kali debat itu pasangan calon semuanya hadir. Hanya saja, proporsi bicaranya yang berbeda,” kata Hasyim.

“Pada saat debat capres, proporsinya capres untuk bicara lebih banyak. Ketika debat cawapres proporsinya untuk cawapres lebih banyak,” tambahnya.

Alasan Debat Cawapres 2024 Dihapus

Ini merupakan perubahan format debat jika dibandingkan dengan Pilpres 2019. Kata Hasyim, perubahan ini dilakukan untuk menunjukkan kesatuan dan kekompakkan di antara mereka kepada publik.

Hasyim menambahkan, format yang digunakan pada Pilpres 2024 ini merupakan kesepakatan antara KPU dan perwakilan timses ketiga paslon yang dibuat di Kantor KPU RI pada Rabu (29/11/2023).

Pada gelaran Pilpres 2019 juga terdapat lima putaran debat yang terdiri dari dua kali debat yang dihadiri capres-cawapres, dua kali debat yang hanya dihadiri capres, dan satu kali debat yang hanya dihadiri cawapres.

Reaksi Netizen

Adanya perubahan format tersebut menuai beragam reaksi publik tak terkecuali para pengguna media sosial. Bahkan melalui X (Twitter) tagar #cawapres sempat menjadi trending.

Banyak yang mempertanyakan adanya aturan untuk tidak menyelenggarakan debat terpisah untuk calon wakil presiden.

“Kemunduran demokrasi”

“Mending langsung di lantik aja, aturan2 semua berubah “

“Yah pdhal bakal seru”

Baca Juga:Drakor Sweet Home 3 Kapan Tayang? Ini Bocoran dari Sutradara!5 Film India Desember 2023, Ada yang Dibintangi Shah Rukh Khan!

“sy sangat kecewa dengan keputusan ini @kpu_ri Debat ini yg sy tunggu2 sejak lama.”

Demikian informasi mengenai Debat Cawapres 2024 Dihapus.***

0 Komentar