Teruskan Tradisi Keilmuan Pesantren, Fraksi PKS Cianjur Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Teruskan Tradisi Keilmuan Pesantren, Fraksi PKS Cianjur Gelar Lomba Baca Kitab Kuning
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Cianjur, kembali menggelar Lomba Baca Kitab Kuning Edisi Ketujuh Tahun 2023 di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Cianjur, Minggu (26/11/2023).
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Cianjur, kembali menggelar Lomba Baca Kitab Kuning Edisi Ketujuh Tahun 2023 di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Cianjur, Minggu (26/11/2023).

Lomba ini diikuti sebanyak kurang lebih 50 orang peserta yang berasal dari pondok pesantren dan lembaga pendidikan lainnya. Kegiatan ini dihadiri Ketua DPD PKS Kabupaten Cianjur, RK Dadan Suryanegara, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur, H. Saepul Ulum, Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Cianjur, Asep Riyatman dan pengurus DPD PKS Kabupaten Cianjur.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Cianjur, Asep Riyatman, mengatakan, Lomba Baca Kitab Kuning ini merupakan agenda rutin Fraksi PKS DPR RI yang diketuai Jazuli Juwaini dan tahun ini digelar dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023.

Baca Juga:Ridwan Kamil Jadi Ketua TKD Jawa Barat, Ganjar: Semakin Kuat untuk Kemenangan Prabowo-GibranMelalui Program Light Up The Dream, PLN UP3 Cianjur Nyalakan Listrik Gratis Bagi Warga Kurang Mampu

“Agenda tahunan ini sebagai bukti, pertama, kita ingin tradisi keilmuan ini tetap diteruskan terutama di Cianjur sebagai kabupaten yang dikenal sebagai Kota Santri,” katanya.

Lalu yang kedua, kata Asep, Lomba Baca Kitab Kuning sebagai pembuktian Fraksi PKS atau Partai Keadilan Sejahtera bahwa agenda-agenda atau tradisi-tradisi keilmuan yang bernuansa keummatan ini akan terus dilaksanakan.

“Ketiga, kita ingin lebih mempublikasi terkait dengan kegiatan-kegiatan kepesantrenan di Cianjur ini,” ucapnya.

Dia bersyukur, jika melihat hari ini ada perkembangan dari sisi ekonomi dan pembangunan di Kabupaten Cianjur. “Tapi kita sedikit melupakan tradisi-tradisi keilmuan yang menunjukkan Cianjur yang sesungguhnya. Cianjur kita kenal dengan tiga pilar budaya, Ngaos, Mamaos, Maenpo,” kata Asep.

“Kalau Mamaos dan Maenpo sudah sering muncul, tapi terkait dengan tradisi Ngaos ini jarang muncul, kecuali yang menjadi agenda nasional seperti MTQ,” sambung Asep.

Menurutnya, peserta yang menjadi juara di tingkat Kabupaten Cianjur akan mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Alhamdulillah, Cianjur selama tujuh kali penyelenggaraan, satu kali pernah juara di Jawa Barat dan satu kali juara tiga di nasional. Mudah-mudahan kedepannya ada juara-juara lagi dari Kabupaten Cianjur,” harap Asep Riyatman.

Baca Juga:Juara Liga 3 Seri 2 Jabar, Perkesit Cianjur Lakukan Konvoi SelebrasiKPK Belum Terima Keppres Pemberhentian Sementara Firli Bahuri

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kabupaten Cianjur, RK. Dadan Suryanegara, menegaskan, Lomba Baca Kitab Kuning ini selain menjadi program PKS, juga sebagai salah satu wadah bagi para calon-calon ulama ke depan.

0 Komentar