Mengenal Nyamuk Wolbachia Bill Gates yang Bisa Cegah DBD

Nyamuk Wolbachia Bill Gates
Nyamuk Wolbachia Bill Gates
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Informasi mengenai nyamuk Wolbachia Bill Gates yang diklaim dapat membasmi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menuai pro dan kontra.

Terlebih melalui media sosial banyak yang menyebut jika penyebaran nyamuk Wolbachia adalah misi Bill Gates untuk membentuk genetik LGBT.

Lantas bagaimana kebenarannya?

Apa Itu Nyamuk Wolbachia Bill Gates?

Wolbachia merupakan bakteri yang hidup sebagai parasit pada hewan yang dimasukan ke dalam nyamuk Aedes Aegypti.

Baca Juga:Indonesia vs Irak Live Streaming: Ini Susunan Pemain Timnas GarudaHaru! 3 Tahun Merantau di Jepang Gadis Cianjur Pulang Pakai Kostum Badut

Bakteri Wolbachia yang mulai diteliti sejak 1920 ini diyakini mampu membunuh virus Dengue yang menyebabkan DBD.

Rencana penyebaran nyamuk Wolbachia merupakan rangkaian dari program World Mosquito Program atau WMP.

WMP adalah sebuah grup perusahaan milik Monash University yang bekerja untuk melindungi komunitas global dari penyakit yang ditularkan oleh nyamuk seperti demam berdarah, Zika, demam kuning, dan chikungunya.

Dalam program nyamuk Wolbachia ini, WMP tekah merangkul sebanyak 14 negara, diantaranya Brasil, Australia, Vietnam, Fiji, Vanuatu, Mexico, Kiribati, New Caledonia, dan Sri Lanka, termasuk Indonesia.

Sedangkan pendukung dana dari program nyamuk Wolbachia adalah Gates Foundation yang dimiliki oleh Bill Gates.

Adapun pihak dari Indonesia yang terlibat dalam program ini adalah Yayasan Tahija yang berkerjasama dengan Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Dua institusi ini mengembangkan nyamuk Wolbachia, mulai dari fase persiapan dan pelepasan Aedes Aegypti ber-Wolbachia dalam skala terbatas pada 2011-2015.

Baca Juga:4 Skincare Minimarket dengan Kualitas Bagus, Pernah Coba?Benarkah Sperma Bikin Wajah Glowing? Cek Faktanya Disini!

Sedangkan menurut Kemekes nyamuk Wolbachia yang disebar nantinya akan membunuh nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.

Adapun cara nyamuk Wolbachia membunuh Aedes Aegypti, di mana saat nyamuk Wolbachia telah dewasa, kemudian akan mengawini Aedes Aegypti.

Kemudia bakteri Wolbachia masuk kedalam Aedes Aegypti dan bakteri tersebut akan membunuh Aedes Aegypti

Demikian informasi mengenai nyamuk Wolbachia Bill Gates yang diklaim dapat membasmi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menuai pro dan kontra.

0 Komentar