3 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Berdiri Tahun 859!

3 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Berdiri Tahun 859!
3 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Berdiri Tahun 859!
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Berikut ini akan diulas tiga universitas tertua di dunia, bahkan ada yang sudah berdiri sejak tahun 859. Berbicara tentang daftar universitas tertua di dunia, tentunya Oxford, Cambridge, atau Al-Azhar melintas langsung di pikiranmu.

Tidak ada yang salah, ketiga kampus tersebut memang termasuk ke dalam deretan perguruan tinggi tertua di dunia. Akan tetapi, terdapat tiga kampus yang jauh lebih dulu didirikan.

Nah, untuk mengetahui apa saja tiga universitas tertua di dunia, kamu dapat menyimak artikel ini hingga akhir.

Baca Juga:3 Negara Cinta Damai, Hampir Tidak Pernah Terlibat Perang3 Perang Tersadis dan Paling Mematikan Sepanjang Masa

3 Universitas Tertua di Dunia

1. Universitas Al-Qarawiyyin

Universitas tertua di dunia yang pertama yaitu Al-Qarawiyyin. Perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 859 Masehi, terletak di Fez, Maroko.

Memiliki nama Universitas Karueein atau dikenal juga dengan nama Universitas Al-Qarawiyyin. Pendidikan di tempat ini lebih berfokus pada ilmu-ilmu agama dan hukum Islam.

Menariknya lagi, Universitas Al-Qarawiyyin dibangun oleh seorang pengungsi perempuan bernama Fatima Al-Fihri. Namun, perguruan tinggi ini baru mulai menerima perempuan untuk belajar pada tahun 1940.

Alumni yang paling terkenal dari Universitas ini adalah Paus Silvester II, filsuf Muslim Ibnu Rusyd, dan filsuf Yahudi Maimonides.

2. Universitas Bologna

Universitas Bologna didirikan pada tahun 1088. Pada awalnya, perguruan tinggi ini hanya membuka program studi doktor. Akan tetapi, disediakan juga berbagai macam program studi untuk mahasiswa dari semua tingkatan.

Universitas ini memiliki struktur multikampus dengan lokasi pengajaran di Bologna. Serta sejumlah wilayah di Romagna, termasuk Cesena, Forli, Ravenna, dan Rimini.

Kantor pusat universitas ini berada di Buenos Aires sejak 1988. Beberapa tokoh terkemuka, seperti perancang busana Giorgino Armani, penulis skenario Michelangelo Antonioni, sutradara opera Liliana Cavani merupakan alumni dari Universitas Bologna.

Baca Juga:Merinding! Berikut 7 Cerita Horor di Kampus Harvard3 Rekomendasi Drama Korea Terseram, Jangan Nonton Sendirian!

3. Universitas Oxford

Universitas tertua di dunia yang ketiga yaitu Oxford. Perguruan tinggi ini masih konsisten menduduki peringkat teratas sebagai universitas terbaik di dunia.

Tanggal pendirian universitas ini juga masih saja diperdebatkan. Bukti pengajaran menunjukkan sejak tahun 1906, namun beberapa orang mengklaim bahwa Oxford didirikan lebih awal dari itu.

Universitas yang pernah menjadi tempat belajar Maudy Ayunda ini telah tersebar di sekitar pusat kota bersejarah Oxford.

0 Komentar