3 Negara Tertua di Dunia, Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu!

3 Negara Tertua di Dunia, Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu!
3 Negara Tertua di Dunia, Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu!
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Berikut ini akan diulas tiga negara tertua di dunia yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Terdapat banyak negara di dunia yang terbentuk dari sebuah kerajaan atau kekaisaran.

Kemudian seiring berjalannya waktu, berkembanglah menjadi suatu negara berdaulat. Memang tidak mudah untuk mengklaim secara pasti negara mana yang tertua, tetapi di bawah ini ada tiga daftar negara yang diyakini sebagai negara tertua di dunia.

3 Negara Tertua di Dunia

1. Mesir

Negara tertua di dunia yang pertama yaitu Mesir. Seperti yang diketahui, ada banyak tulisan bahkan film yang mengisahkan tentang Mesir dan peradaban kunonya.

Baca Juga:3 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Berdiri Tahun 859!3 Negara Cinta Damai, Hampir Tidak Pernah Terlibat Perang

Peradaban Mesir Kuno ternyata telah meninggalkan jejak melalui hieroglif dan sistem penulisan tertua di dunia berasal dari masa 3200 SM. Yaitu sekitar lebih dari 5 ribu tahun yang lalu.

Pada abad ke-31 SM, Raja Mesir Kuno yaitu Raja Narmer telah berhasil menyatukan seluruh wilayah Mesir Hulu dan Hilir di sepanjang sungai Nil.

Dinasti pertama ini akhirnya menjadi periode awal dari serangkaian dinasti yang akan memerintah negara Mesir selama tiga milenium berikutnya.

Negara Mesir modern akhirnya didirikan pada tahun 1953 setelah adanya Revolusi Mesir pada tahun 1952. Hal tersebut sekaligus menandai berakhirnya masa kerajaan di Mesir.

2. Tiongkok

Tiongkok juga dikenal sebagai salah satu peradaban tertua di dunia. Tertulis dalam bukti sejarah, bahwa Tiongkok merupakan Dinasti Shang, yaitu dinasti paling awal dan paling lama berkuasa.

Dia telah memerintah sejak abad ke-17 hingga ke-11 SM, lebih dari 3500 tahun lalu. Namun di sisi lain, tak sedikit juga yang memperdebatkan keberadaan peradaban sebelumnya, yaitu Dinasti Xia pada 2070 SM–1600 SM.

Negara Tiongkok modern berdiri pada 221 SM di bawah kekaisaran Qin Shi Huang sebagai kaisar pertama. Pada tahun 1912, periode dinasti Qing pun berakhir. Hingga akhirnya Bapak Negara Tiongkok Modern, Sun Yat-sen secara resmi membentuk Republik Rakyat Cina pada tahun 1949.

Baca Juga:3 Perang Tersadis dan Paling Mematikan Sepanjang MasaMerinding! Berikut 7 Cerita Horor di Kampus Harvard

3. Ethiopia

Negara tertua di dunia yang terakhir yaitu Ethiopia. Kehidupan manusia di Ethiopia telah ada sejak jutaan tahun lalu.

Fakta tersebut telah dibuktikan melalui penemuan fosil hominid Australopithecus afarensis, yaitu makhluk mirip kera yang mungkin cikal bakal manusia modern. Fosil itu diperkirakan berusia sekitar 3,4 juta–2,9 juta tahun.

0 Komentar