Fakta Unik! Vespa Corsa Pelopor Skuter Matic di Indonesia

Vespa Corsa Skutik Matik Pertama Indonesia
Vespa Corsa Skutik Matik Pertama Indonesia
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Vespa Corsa matic menjadi yang pertama di Indonesia yang diproduksi oleh PT Dan Motor Indonesia (DMI) pada tahun 1983.

Motor ini merupakan hasil kolaborasi antara DMI dengan Piaggio, produsen skuter asal Italia. Berbekal mesin  2-tak 121,2 cc Corsa mampu menghasilkan tenaga 6,87 dk.

Rupanya motor ini menjadi tren pada masanya dan diminati berbagai kalangan dari anak muda hingga dewasa. Sayang popularitasnya menyurut seiring munculnya beragam motor matik lainnya di pasar otomotif tanah air.

Baca Juga:Terungkap! Ini Arti Logo Whoosh Kereta Cepat Jakarta BandungMasih El Nino: Ini Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Oktober 2023

Diketahui skuter matik ini meluncur di Indonesia sekitar tahun 1991-an. Meski saat ini trennya mulai berkurang, namun bagi pecinta motor retro Vespa Corsa masih menjadi incaran.

Penasaran dengan Vespa Corsa? Intip Spesifikasinya berikut!

Membahas soal performa, motor ini dibekali mesin dua tak berkapasitas 121, 2 cc yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 6,87 hp per 5.600 rpm. Dengan spesifikasi mesin ini, Corsa mampu melaju hingga kecepatan maksimum 90 km/jam.

Uniknya, Vespa Corsa memiliki tuas netral agar motor tidak lompat saat mesin dinyalakan. Jadi sebelum berjalan, kita harus memindahkan ke gigi satu agar CVT-nya jalan.

Sayangnya pada 2006 silam, DMVI menghentikan produksi skutik matik ini karena dinilai tidak dapat bersaing dengan skutik keluaran terbaru asal Jepang. Terang, keberadaan  Corsa 125 kini langka, lantaran diburu kolektor.

Salah satu alasan mengapa skutik ini jadi incaran adalah bentuknya yang modern dan elegan, sehingga membedakan dengan jenis Vespa lainnya. Biasanya, para kolektor mencari Corsa 125 untuk kebutuhan restorasi. Untuk membangun skutik ini secara utuh, para kolektor rela merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah.

Demikian informasi mengenai Vespa Corsa matic menjadi yang pertama di Indonesia. Semoga bermanfaat!

0 Komentar