Masih El Nino: Ini Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Oktober 2023

Hujan lebat Oktober 2023 (Iustrasi: Pixabay)
Hujan lebat Oktober 2023 (Iustrasi: Pixabay)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi beberapa wilayah berpotensi hujan lebat Oktober 2023.

Hujan lebat ini terjadi di beberapa wilayah lantaran efek fenomena-fenomena atmosfer meski El Nino yang belum usai di Indonesia.

Tak hanya itu, BMKG pun mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor di beberapa titik wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Papua Barat, Papua dan Riau.

Baca Juga:5 Portabel Speaker Terbaik, Bass Nendang Cuma Rp100 Ribuan!10 Deretan Speaker Bluetooth Terbaik Indonesia untuk Indoor dan Outdoor

Sementara itu, pada periode yang sama wilayah Jawa justru berpotensi mengalami kebakaran hutan. “Waspada potensi kebakaran hutan di wilayah senin-selasa: Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.”

BMKG menyebut kondisi terik panas akan berlangsung hingga periode Oktober. Adapun fenomena suhu panas itu disebabkan oleh beberapa kondisi dinamika atmosfer, di antaranya minimnya pertumbuhan awan di sebagian besar wilayah Indonesia, terutama Jawa hingga Nusa Tenggara.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, sebelumnya juga menyebut puncak kemarau kering di Indonesia akan terjadi hingga Desember 2023 di sejumlah wilayah, termasuk Nusa Tenggara.

Baca Juga: Musim Kemarau, Harga Beras Makin Melambung

Sampai Kapan El Nino Terjadi?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau di Indonesia akan terjadi hingga Februari 2024 mendatang.

Berdasarkan catatan BMKG, sebanyak 79% wilayah Indonesia sudah masuk musim kemarau dan 9 provinsi  akan mengalami kekeringan meteorologi kategori awas.

Adapun wilayah yang sedang mengalami musim kemarau meliputi:

Aceh,Sumatra Utara, sebagian besar Riau, sebagian besar Sumatra Barat, sebagian besar Bengkulu, sebagian besar Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa hingga NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, sebagian besar Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah bagian utara dan tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, sebagian Maluku Utara, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan Papua bagian selatan.

Demikian informasi mengenai prediksi beberapa wilayah berpotensi hujan lebat Oktober 2023.

0 Komentar