Awas Muncul Lagi Flu Singapura, Cek Gejalanya Disini!

Gejala flu singapura (ilustrasi: Pixabay)
Gejala flu singapura (ilustrasi: Pixabay)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Baru-baru ini viral di media sosial, penyakit bernama flu Singapura yang diduga menyebar di Balikpapan. Ternyata begini gejala flu singapura,

Sebuah akun Instagram @balikpapances, mengunggah sebuah informasi yang menyebut Balikpapan tengah terkena serangan flu singapura.

Beberapa warganet pun ramai memberi reaksi di kolom komentar dan mengaku pernah menderita flu singapura.

Baca Juga:Nikon ZF Kamera Mirrorless Full-Frame, Gaya Klasik Bermaterial KulitGian, Bocah Tewas Saat Wudhu Gegara Anak SMP Dikenal Periang dan Rajin Salat

Di sekolah anakku banyak yg kena, dan sebelum itu anakku juga pernah kena,” tulis warganet.

Anak ku sdh kena smua, alhamdulillah sdh sembuh,” ujar warganet yang lain.

Lantas apa sebenarnya flu singapura?

Flu Singapura merupakan istilah informal yang digunakan untuk merujuk kepada wabak penyakit tangan, kaki, dan mulut (Hand, Foot, and Mouth Disease atau HFMD) yang terjadi di Singapura atau kawasan sekitarnya.

Penyakit ini umumnya terjadi pada kanak-kanak, tetapi juga boleh menjangkiti orang dewasa. Gejala-gejala flu Singapura termasuk demam, sakit tekak, ruam kulit di tangan dan kaki, serta kadang-kadang lecet di mulut.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus-virus yang termasuk dalam keluarga Enterovirus, terutamanya Enterovirus 71 (EV71) dan Coxsackievirus A16. HFMD biasanya adalah penyakit yang ringan dan jarang menjadi serius, tetapi dalam beberapa kes yang jarang, ia boleh menyebabkan komplikasi serius seperti radang otak.

Pencegahan penyakit ini melibatkan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, termasuk mencuci tangan dengan teliti, menghindari kontak dengan orang yang sudah mengidap penyakit ini, dan menjaga kebersihan peralatan dan mainan kanak-kanak.

Jika seseorang mengidap flu Singapura, penting untuk mendapatkan rawatan dan mengambil langkah-langkah untuk menghindari penyebaran penyakit ini kepada orang lain.

Baca Juga:Intip Giorno, Skutik Premium Honda Tanpa Rangka eSAF, Berapa Harganya?Siap-siap Tercengang! GPX Drone 150 Lebih Handal dari Yamaha Nmax

Demikian informasi mengenai gejala flu singapura yang menjadi perbincangan di media sosial.

0 Komentar