Kemenhub Siapkan Dukungan Antarmoda Dari dan ke Bandara Kertajati, Ini Besaran Promo Tarif dan Rute Pelayanannya

Kemenhub Siapkan Dukungan Antarmoda Dari dan ke Bandara Kertajati, Ini Besaran Promo Tarif dan Rute Pelayanannya
0 Komentar

JAKARTA,CIANJUREKSPRES – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan telah disiapkan angkutan antarmoda dengan 12 perusahaan otobus (PO) dari dan ke Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka.

“Saat ini telah disiapkan angkutan antarmoda dengan 12 perusahaan otobus (PO), yaitu sebanyak 108 kendaraan dan total kapasitas mencapai 2.300 kursi,” kata Plh. Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Iman Sukandar dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (15/9).

Menurutnya, dengan telah beroperasinya Tol Cisumdawu, angkutan antarmoda Bandara Kertajati memiliki sejumlah keunggulan, yaitu lebih dekat, lebih cepat, dan lebih murah, jika dibandingkan perjalanan dari Bandung ke Bandara Soekarno-Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma.

Baca Juga:PKS Resmi Usung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024Jokowi: Jangan Takut dengan AI, Mesin Punya Chip, Manusia Punya Hati

“Operator angkutan antarmoda siap memberikan promosi tarif di awal pemindahan Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Kertajati, yaitu pada Oktober sampai dengan Desember 2023,” kata dia.

Beberapa angkutan antarmoda yang tersedianya, di antaranya bus Damri, sejumlah perusahaan bus dan travel swasta, dan taksi.

Angkutan tersebut melayani perjalanan dari dan ke Kertajati menuju Bandung, Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Karawang, Majalengka, Cimahi, Purwakarta, Subang, Banjar, Pangandaran, Jatinangor, Sumedang, dan Indramayu.

Adapun besaran promo tarifnya rata-rata sebesar 20 persen. Sebagai contoh, tarif bus Damri dari Bandung ke Bandara Kertajati, jika harga normalnya Rp100.000,00 menjadi Rp80.000,00 dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Untuk taksi Blue Bird, akan memberikan diskon hingga Rp50.000,00 dari total tarif berdasarkan jarak yang ditempuh.

Kemenhub juga menginformasikan bahwa nantinya Bandara Husein Sastranegara untuk melayani penerbangan berjadwal dalam negeri intra-Pulau Jawa dengan pesawat propeller serta penerbangan tidak berjadwal dalam negeri.

Sementara itu, Bandara Kertajati akan melayani penerbangan berjadwal dalam negeri dan luar negeri dengan pesawat jet dan penerbangan tidak berjadwal dalam negeri dan luar negeri.

Baca Juga:3.394 Personel Gabungan TNI-Polri Terlibat Pengamanan MotoGP MandalikaBek Manchester City Kyle Walker Perpanjang Kontrak Sampai 2026

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Putu Eka Cahyadi menuturkan bahwa tanggal efektif pengalihan penerbangan berjadwal dalam negeri dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati mulai awal periode winter 2023, yaitu 29 Oktober 2023.

0 Komentar