Perbup Maenpo Jadi Muatan Lokal di Sekolah Tengah Diproses

merata
ilustrasi: dokumentasi Moch Sidik
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES– Pemerintah Kabupaten Cianjur tengah memproses Peraturan Bupati (Perbup) Maenpo atau Pencak Silat asal Cikalong untuk menjadi muatan lokal atau pelajaran wajib di sekolah.

Sebelumnya, Maenpo Cikalong dan 12 karya budaya asal Jabar ditetapkan menjadi menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTb) Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek).

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengungkapkan dirinya merasa sangat senang dengan ditetapkannya Maenpo Cikalong menjadi WBTb.

 

Baca Juga:Cerita Inspiratif Sherly, Calon Atlet Paralimpic dan Guru Ngaji Tanpa KakiHiu Tutul Jumbo 7 Meter Mati Terdampar di Pesisir Pantai Cirarangan

“Kami dari Pemkab Cianjur sangat senang dan bersyukur. Mudah-mudahan yang lainnya bisa menyusul. Ke depan bisa mendunia,” lanjutnya.

Ditanya terkait rencana Pemkab Cianjur membuat Peraturan Bupati (Perbup) Maenpo atau Pencak Silat Cianjur menjadi muatan lokal wajib di sekolah, pihaknya menjawab saat ini tengah dalam proses.

Pakaian Adat Bangka Memperkaya Warisan Budaya Nusantara

“Itu sudah diproses, bahkan bukan hanya Maenpo, dan Mamaos pun saya ingin dilestarikan. Tiga pilar budaya lah, seperti Maos, Mamaos, dan Maenpo itu kan budaya Kabupaten Cianjur,” ungkap Herman.

Herman berharap agar Perbup Maenpo segera keluar, sebab Peraturan Daerah (Perda) Maenpo sudah ada.

Polres Cianjur Berhasil Bekuk Pelaku Perdagangan Orang

 

0 Komentar