4 Mitos Orang Sunda, No 1 Bikin Merinding!

4 Mitos Orang Sunda, No 1 Bikin Merinding!
4 Mitos Orang Sunda
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Masyarakat tradisional Sunda memang sangat akrab dengan hal-hal yang berbau mitos, mitos ini dilestarikan memang secara turun-menurun.

Mitos sering disangkut pautkan dengan hubungan yang memiliki sebab dan akibat. Contohnya seperti seseorang yang melakukan pantangan dengan dampak yang berupa hukuman.

BACA JUGA: Mitos Foto Bertiga: Kilat Kamera Bisa Mengambil Jiwa ?

4 Mitos Orang Sunda

Tidur Tengkurap dengan Kaki Diangkat ke Atas

Mitos ini sangat ditakuti oleh anak-anak sebab menyangkut ibu mereka. Mitos ini menyatakan bahwa tidur tengkurap dengan kaki diangkat ke atas dapat membuat ibu mereka meninggal.
Entah apa maksud dari mitos ini. Yang pasti, mitos ini bertujuan agar menghormati orang tua dengan tidak melakukan pantangan dan berkelakuan sopan.

Baca Juga:Doa untuk Pengantin Baru Bikin Rumah Tangga Jadi Awet!Pancake Cokelat Saus Durian Cemilan Keluarga

Duduk di Depan Pintu

Duduk di depan pintu dalam masyarakat Sunda dimitoskan akan membawa kesulitan dalam memiliki jodoh. Jodoh dimitoskan akan datang terlambat di usia lanjut.
Mitos ini memiliki maksud untuk melarang anak-anak, terutama anak perempuan, agar tidak duduk di depan pintu. Perbuatan ini menghalangi orang yang ingin masuk atau keluar ruangan.

BACA JUGA: Mitos di Jawa Barat, Awas Langgar Pemali Orang Sunda

Bersiul di Malam Hari

Bersiul di malam hari ternyata bisa mengundang makhluk-makhluk halus yang menggangu. Hal ini dikarenakan anggapan bahwa makhluk halus senang dengan suara siulan.
Akan tetapi, mitos ini adalah pantangan yang sebaiknya tidak dilakukan karena berhubungan dengan etika masyarakat Sunda. Bersiul dianggap perbuatan tidak sopan bila dilakukan di depan orang yang lebih tua.

0 Komentar