Mitos di Jawa Barat, Awas Langgar Pemali Orang Sunda

Mitos di Jawa Barat, Awas Langgar Pemali Orang Sunda
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Ada banyak mitos di Jawa Barat yang beredar di masyakarat. Mitos-mitos ini biasanya berawal dari pemali atau larangan dari orang-orang zaman dahulu yang kemudian berkembang dan diteruskan secara turun-temurun.

Biasanya ada maksud dari mitos-mitos yang beredar ini meski kebenarannya tidak bisa dipastikan. Namun banyak masyarakat atau orang Sunda yang mempercayainya hingga menghindari perilaku-perilaku yang disebutkan dalam mitos.

Sisi baiknya, banyak yang lebih berhati-hati saat berada masuk area pemali. Tapi tak bisa dipungkiri, mitos-mitos ini bisa membuat masyarakat tergelincir dalam hal-hal syirik.

Berikut adalah motos di Jawa Barat yang harus kamu tau.

Baca Juga:Terowongan Casablanca, Urban Legend Jakarta yang Penuh MisteriJamu Peninggalan Zaman Majapahit yang Penuh Makna Kaya Manfaat

BACA JUGA: 5 Pamali yang Perlu Kamu Tau Saat Berkunjung ke Tanah Sunda
1. Pulau Kunti

Di antara deretan pulau yang membentang di kawasan Ciletuh – Palabuhanratu Sukabumi, terdapat pulau bernama Pulau Kunti. Di Pulau Kunti, itu terdapat Gua Jodoh yang terdengar suara tawa kuntilanak.

Suara tawa itu tidak setiap saat terdengar. Hanya saat badai atau ketinggian air pasang gelombang di perairan mencapai 4 hingga 5 meter. Gelombang yang menghantam deretan batuan lava di Pulau Kunti menghasilkan gema mirip kuntilanak tertawa.

Suara tertawa itu sempat menjadi mitos soal keangkeran pulau tersebut hingga sebagian warga yang menganggap kawasan itu angker.

Adapun mitos di Pulau Kunti ini konon katanya bisa mempercepat mendapatkan tambatan hati. Gua ini disebut cocok bagi mereka yang masih jomblo. Mitos itu mengalir menjadi sebuah cerita turun temurun, baik dari warga maupun wisatawan, yang disebut pernah masuk ke dalam gua tersebut.

2. Situ Gede

Di Situ Gede Tasikmalaya, ada dua ikan raksasa yang menjadi mitos di objek wisata ini yakni Si Layung dan Si Kohkol.

Si Layung, seekor ikan mas merah berukuran raksasa. Sementara Si Kohkol adalah jenis ikan deleg atau ikan gabus raksasa.

Baca Juga:Inilah Fakta Menarik dari Film ‘INSIDIOUS: THE RED DOOR’5 Pamali yang Perlu Kamu Tau Saat Berkunjung ke Tanah Sunda

Menurut cerita, jika Si Layung muncul ke permukaan air maka langit di Situ Gede akan muncul lembayung. Langit senja Situ Gede akan indah dengan warna kuning kemerahan.

0 Komentar